Abstak
Uus. 2020: .”HUBUNGAN KESIAPAN BELAJAR DENGAN HASIL
BELAJAR PESERTA DIDIK PROGRAM PAKET PADA Pusat Kegiatan
Belajar Masyarakat DARMA KECAMATAN CITEUREUP KABUPATEN
BOGOR ”. Skripsi Pada Program Studi Pendidikan Masyarakat, Fakultas Ilmu
Keguruan dan Pendidikan, Universitas Ibn. Khaldun Bogor. Pembimbing I Dr.
Herawati, MS. dan Pembimbing II Ade Khaerudin Taufik, M.Si.
Keragaman latar belakang peserta didik program paket C pada PKBM Darma
yang berbeda-beda membuat kesiapan belajar dan hasil belajar masing-masing
peserta didik menjadi lebih variatif. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah
Bagaimana Hubungan Antara kesiapan belajar dengan hasil belajar adalah untuk
memperoleh data dan informasi tentang: Hubungan antara kesiapan belajar
dengan hasil belajar peserta didik Program paket C di PKBM Darma.
Kesiapan belajar adalah ……….. sementara hasil belajar adalah …….
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif, dengan
Jumlah populasi adalah 130 peserta didik program paket C , diambil 33 orang
sebagai sampel dengan teknik random sampling (sampel acak) dan teknik
pengumpulan data berupa teknik dokumentasi, teknik kuesioner/angket dan
wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis korelasional untuk
mengetahui hubungan antara kesiapan belajar dengan hasil belajar peserta didik,
serta teknik analisis regresi sederhana untuk mengetahui pengaruh kesiapan
belajar terhadap hasil belajar.
Dari hasil penelitian didapat n.lai rhitung sebesar 0,83 dan nilai rtabel sebesar 0,34,
menunjukkan rhitung > rtabel (0,83 > 0,34). dengan tingkat hubungan atau interpretasi
SANGAT KUAT. Nilai thitung sebesar 7,28 jika dikonsultasikan dengan harga ttabel
pada taraf nyata 5% (0,05) n – 2 adalah 30, maka diperoleh ttabel sebesar 2,0422,
sehingga thitung sebesar 7,28 lebih besar daripada ttabel sebesar 2,0422 atau thitung >
ttabel (2,666 > 2,0422). Hal ini berarti nilai thitung berada pada wilayah penolakan
hipotesis Uji (Ho), menerima Hipotesis uji atau hipotesis alternatif (Ha), yang
berbunyi: “Terdapat Hubungan Kesiapan Belajar dengan Hasil Belajar Peserta
didik Program Paket C di PKBM DARMA Kecamatan Citeureup Kabupaten
Bogor”,
Kata Kunci : Kesiapan Belajar, Hasil Belajar, Paket C.