Back


Detail Data

Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
Program Studi TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Judul PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA EDUKASI DALAM MELATIH PSIKOMOTORIK KASAR SISWA PADA KELAS INKLUSIF di SDN CIOMAS 08
Tahun 2023
Tanggal Input 06 Aug 2025, 14.31



Abstak

Fahima Rahmi
191102031311
Tujuan penelitian ini adalah 1) mengetahui proses pengembangan media pemelajaran Ular Tangga Edukasi untuk kelas inklusif di SDN Ciomas 08 2) Mengetahui kelayakan produk/media pembelajaran Ular Tangga Edukasi yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Reseach and Development (R&D) dengan menggunakan prosedur pengembangan Model Pengembangan Intruksional (MPI). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan beberapa meode diantaranya: wawancara, lembar evaluasi dan kuisioner. Hasil dari penelitian ini antara lain: 1) pengembangan media pembelajaran ular tangga edukasi untuk kelas inklusif dikembangkan menggunakan Model Pengembangan Intruksional (MPI) hingga tahap ke delapan; dan 2) hasil validasi terhadap ahli materi sebesar 91,82% (Sangat Layak), ahli media sebesar 92,22% (Sangat Layak) dan ahli desain pembelajaran sebesar 94,12 % (Sangat layak) hasil uji coba perorangan menghasilkan jawaban yang sangat positif dari 3 orang siswa berkebutuhan khusus. Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa uji coba perorangan Sangat Layak, uji coba kelompok kecil menghasilkan jawaban yang sangat positif dari 8 orang siswa berkebutuhan khusus. Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa uji kelompok kecil kategori Sangat Layak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci: ular tangga edukasi, model pengembangan intruksional, anak berkebutuhan khusus, pendidikan inklusif


Preview