Abstak
Fahima Rahmi
191102031311
Tujuan penelitian ini adalah 1) mengetahui proses pengembangan media pemelajaran Ular Tangga Edukasi untuk kelas inklusif di SDN Ciomas 08 2) Mengetahui kelayakan produk/media pembelajaran Ular Tangga Edukasi yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Reseach and Development (R&D) dengan menggunakan prosedur pengembangan Model Pengembangan Intruksional (MPI). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan beberapa meode diantaranya: wawancara, lembar evaluasi dan kuisioner. Hasil dari penelitian ini antara lain: 1) pengembangan media pembelajaran ular tangga edukasi untuk kelas inklusif dikembangkan menggunakan Model Pengembangan Intruksional (MPI) hingga tahap ke delapan; dan 2) hasil validasi terhadap ahli materi sebesar 91,82% (Sangat Layak), ahli media sebesar 92,22% (Sangat Layak) dan ahli desain pembelajaran sebesar 94,12 % (Sangat layak) hasil uji coba perorangan menghasilkan jawaban yang sangat positif dari 3 orang siswa berkebutuhan khusus. Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa uji coba perorangan Sangat Layak, uji coba kelompok kecil menghasilkan jawaban yang sangat positif dari 8 orang siswa berkebutuhan khusus. Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa uji kelompok kecil kategori Sangat Layak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci: ular tangga edukasi, model pengembangan intruksional, anak berkebutuhan khusus, pendidikan inklusif