Abstak
Zahra Salsabiila 201105030898. Pengaruh Literasi Digital Penyiaran Terhadap
Kepercayaan Pada Konten Berita Di Instagram (Studi Kasus Pada Mahasiswa
Komunikasi Dan Penyiaran Islam Tentang Berita Palestina). Komunikasi dan
Penyiaran Islam. Fakultas Agama Islam. Universitas Ibn Khaldun Bogor. 2024.
Skripsi
Literasi digital penyiaran menjadi semakin penting di era di mana media sosial telah
menjadi sumber utama informasi berita, terutama di kalangan mahasiswa. Peningkatan
penggunaan media sosial untuk mendapatkan berita membawa tantangan seperti
penyebaran berita palsu, information overload juga penurunan kepercayaan terhadap berita
yang disebarkan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana literasi digital penyiaran
di kalangan mahasiswa komunikasi dan penyiaran islam, bagaimana kepercayaan
mahasiswa komunikasi dan penyiaran islam pada konten berita palestina di Instagram dan
terakhir bagaimana pengaruh literasi digital penyiaran terhadap kepercayaan mahasiswa
komunikasi dan penyiaran islam pada konten berita palestina di Instagram. Metode
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode
menyebarkan angket kepada 79 responden. Selanjutnya data dianalisis menggunakan uji
analisis regresi linear sederhana, uji koefisien determinasi dan uji t untuk menguji hipotesis.
Instrumen dinyatakan valid dan reliabel berdasarkan hasil analisis dengan bantuan software
SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata literasi digital penyiaran mahasiswa
KPI berada pada kategori tinggi dengan skor 38.25 dari rentang skor 12-48. Selanjutnya,
berdasarkan hasil analisis deskriptif, rata-rata kepercayaan mahasiswa KPI pada konten
berita di Instagram berada pada kategori tinggi dengan skor 38.34 dari rentang skor 12-48.
Berdasarkan data yang sudah diolah didapatkan bahwa literasi digital penyiaran memiliki
pengaruh signifikan terhadap kepercayaan mahasiswa KPI pada konten berita Palestina di
Instagram, dengan setiap peningkatan satu poin skor literasi digital berkorelasi dengan
kenaikan 0,714 poin tingkat kepercayaan. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi,
didapatkan bahwa literasi digital memengaruhi kepercayaan mahasiswa KPI pada konten
berita di Instagram sebesar 34%, sedangkan 66% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain.
Dengan literasi digital penyiaran yang tinggi memungkinkan mahasiswa untuk lebih kritis
dalam menilai dan mengevaluasi sebelum mereka mempercayai konten berita Palestina
yang didapatkan melalui Instagram.
Kata Kunci: Instagram; Kepercayaan Media Berita; Konten Berita; Literasi Digital