Back


Detail Data

Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
Program Studi PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH
Judul HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI ORANG TUA TENTANG KEMAMPUAN GURU BERCERITA DENGAN PENINGKATAN KOSA KATA ANAK USIA 4-6 TAHUN DI PAUD ANANDA DESA SIRNAGALIH KECAMATAN TAMANSARI KABUPATEN BOGOR
Tahun 2017
Tanggal Input 03 Jul 2025, 14.31



Abstak

ABSTRAK
HANI LISMAYANTI JAMALUDIN, NPM : 131101021356, judul penelitian
“Hubungan antara persepsi orang tua tentang kemampuan guru bercerita
dengan peningkatan kosa kata anak usia 4-6 tahun di PAUD Ananda Desa
Sirnagalih Kecamatan Tamansari Kabupaten Bogor”.
Pembatasan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Persepsi orang tua
tentang kemampuan guru bercerita, 2) Peningkatan kosa kata anak usia 4-6 tahun,
dan 3) Hubungan antara persepsi orang tua tentang kemampuan guru bercerita
dengan peningkatan kosa kata anak usia 4-6 tahun di PAUD Ananda Desa
Sirnagalih Kec. Tamansari Kab. Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian
ini adalah metode deskritif, kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa
angket (kuesioner), dan studi kepustakaan. Populasi dalam penelitian ini adalah
orang tua murid PAUD Ananda kelompok A dan B sejumlah 46 orang tua yang
dijadikan sampel penelitian (total sampling). Hasil penelitian ini yakni: 1) Nilai
rhitung sebesar 0,681 setelah dikonsultasikan dengan table interprestasi nilai “r”
maka nilai rhitung sebesar 0,681 berada pada interval 0,60-0,799 dengan kategori
KUAT. Hal ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara persepsi
orang tua tentang kemampuan guru bercerita dengan peningkatan kosa kata anak
usia 4-6 tahun di PAUD Ananda Desa Sirnagalih Kec. Tamansari Kab. Bogor, 2)
Nilai thitung sebesar 7,23 dan jika dikonsultasikan dengan harga ttabel pada taraf
signifikasi 0,05?ngan derajat kebebasan (dk) n-2 adalah 44 (46-2 = 44) maka
diperoleh ttabel sebesar 2,015 sehingga thitung > ttabel (7,23 > 2,015). Hal ini berarti
nilai thitung berada pada wilayah penolakan hipotesis nol. Berdasarkan data tersebut
maka hipotesis nol (H0) yang menyatakan: ”Tidak terdapat hubungan antara
persepsi orang tua tentang kemampuan guru bercerita dengan peningkatan kosa
kata anak usia 4-6 tahun di PAUD Ananda Desa Sirnagalih Kec. Tamansari Kab.
Bogor” Ditolak. Dan hipotesis alternatif (H1), yang menyatakan: terdapat
hubungan antara persepsi orang tua tentang kemampuan guru bercerita dengan
peningkatan kosa kata anak usia 4-6 tahun di PAUD Ananda Desa Sirnagalih
Kec. Tamansari Kab. Bogor.” Diterima, 3) Harga Koefisien Determinasi (KD)
Persepsi orang tua tentang kemampuan guru bercerita memberikan kontribusi
sekitar 46% terhadap peningkatan kosa kata anak usia 4-6 tahun di PAUD
Ananda, sedangkan sisanya sebesar 54%, disebabkan oleh faktor-faktor lain, 4)
Persamaan Garis Regresi Linear Sederhana Y=31+0,65X, apabila metode
bercerita tidak dilakukan secara efektif maka peningkatan kosa kata anak hanya
memiliki nilai 31 satuan skor, sedangkan apabila metode bercerita dilakukan
secara efektif diperlihatkan oleh koefisien garis regresi untuk variabel X sebesar
0,65, hal ini menunjukkan bahwa, setiap kenaikan satu satuan skor efektifitas
melakukan kegiatan bercerita, memberikan kontribusi kenaikan skor peningkatan
kosa kata anak usia 4-6 tahun sebesar 0,65 satuan skor.
Kata Kunci : Persepsi Orang Tua tentang Kemampuan Guru Bercerita dan
Peningkatan Kosa Kata Anak.


Preview