Abstak
Affifah Noor Prasetya 181105010249, “Analisis Blended Learning
terhadap motivasi belajar siswa di MAN 1 Bogor”. Pendidikan Agama Islam.
Fakultas Agama Islam. Universitas Ibn Khaldun Bogor. 2022. Skripsi
Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan guru harus
melakukan salah satu inovasi dalam kegiatan dan pembelajaran adalah
penggunaan strategi dan model pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk
menguji penerapan pendekatan blended learning dalam meningkatkan motivasi
belajar siswa. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif case study,
siswa sebagai data primernya, dengan validitas sumber sebagai triangulasi,
dilakukan di Man 1 Bogor sejak Januari sampai April 2022, pengambilan data
dengan wawancara yang mendalam serta data dianalisis dengan tahapan Miles dan
Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode blended
learning dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dilakukan dalam proses
pelaksanaan dengan mengadakan group diskusi saat offline, mengabsen secara
langsung, meminta menyalakan kamera saat online, menanyakan permasalahan
kesulitan pembelajaran.
Kata Kunci: Metode, Blended Learning, Motivasi Belajar