Abstak
Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui bagaimana perencanaan
pembelajaran menggunakan kurikulum 2013, (2) mengetahui bagaimana
proses pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013 di SMP Bina Bangsa
Sejahtera, dan (3) mengetahui bagaimana penilaian yang dilakukan sesuai
dengan implementasi kurikulum 2013 di SMP Bina Bangsa Sejahtera.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Deskriptif Kualitatif dengan sumber
data penelitian diperoleh dari Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum,
Guru Mata Pelajaran, serta murid kelas 8. Adapun teknik pengumpulan data
yang digunakan yaitu Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Keabsahan
data diuji dengan menggunakan triangulasi data, yaitu menggali data
memeriksa kembali data yang diperoleh melalui beberapa sumber.
Hasil penelitian menunjukan bahwa proses perencanaan pembelajaran dalam
implementasi kurikulum 2013 berdasarkan penjelasan dari wakil kepala
sekolah dan guru mata pelajaran terkait maka proses pelaksanaan
pembelajaran dengan kurikulum 2013 ini tidak mengalami kendala berarti
selama proses pembelajaran berlangsung, banyaknya guru yang mengikuti
pelatihan terkait perencanaan pembelajaran ini sedikit membantu demi terciptannya pembelajaran yang di inginkan. (2) Proses Pelaksanaan
Pembelajaran dalam implementasi kurikulum 2013 ini sesuai dengan RPP
dan silabus, jadi dalam aplikasi dilapangan guru maupun murid dalam situasi
ruang kelas menjadi aktif, karena guru sebagai fasilitator, motivator, yang
merangsang, menggali pengetahuan siswa yang dimiliki sebelumnya. (3)
Pada Proses Penilaian yang dilakukan oleh guru berupa penilaian kognitif,
afektif dan psikomotorik, penilaian ini mengacu kepada pengetahuan,
keterampilan, dan sikap siswa selama disekolah atau pembelajaran
berlangsung. Jadi implementasi kurikulum 2013 dilihat dari tiga aspek diatas
yaitu menekankan sikap dan kompetensi yang ingin dicapai peserta didik,
kompetensi nya ini berimbang Antara sikap, pengetahuan dan keterampilan,
kurikulum ini menggunakan pendekatan saintifik, artinya ada proses
menanya, mengamati, menyimpulkan dan,menalar.