Abstak
Tiwi Talbiyatul Arafah
171104090161
Saat ini banyak berita yang tersebar di media cetak dan elektronik
tentangberbagai permasalahan yang dialami oleh siswa Sekolah Menengah Atas (SMA)
seperti tawuran, pergaulan bebas, tindakan kriminal, penyalahgunaan narkoba dan
lainnya. Beberapa permasalahan tersebut adalah contoh kurangnya kesadaran beragama
pada peserta didik. Dari waktu ke waktu nilai-nilai kebudayaan keagamaan luntur
terkikis modernisasi, menjadikan generasi bangsa memiliki akhlak yang kurang baik.
Untuk menghindari hancurnya akhlak bangsa, perlu pemahaman kesadaran beragama
yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara Kesadaran
Beragama Terhadap Soft Skill Siswadi MAN 2 Kabupaten Bogor.Penelitian ini
menggunakan metode kuantitatif dengan populasi siswa kelas XI melalui teknik
pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan diperoleh sejumlah 71
siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan observasi, sedangkan teknik
analisis data menggunakan uji Kolmogrov-Smirnovdan pearson product moment
dengan bantuan program spss 21.0 for windows.Hasil penelitian menunjukan bahwa
terdapat pengaruh secara signifikan antara kesadaran beragama (X) terhadap soft skill
siswa (Y) berdasarkan hasil analisa terdapat nilai korelasi variabel X dan variabel
Y sebesar 1,000, jika dilihat dari tabel interprestasi nilai atau pedoman derajat
hubungan nilai korelasi 1,000 terletak pada interval 0,90-1,00 yang berarti
memiliki hubungan yang sangat kuat dan bersifat positif. Dengan nilai
signifikasinya yang diperoleh yaitu r hitung= 0,928< r tabel=0,233 berarti hipotesis
alternatif (Ha) diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi secara
signifikan antara Kesadaran Beragama Terhadap Soft Skill Siswadi MAN 2 Kabupaten
Bogor.
Kata Kunci: Kesadaran Beragama, Soft Skill Siswa.