Back


Detail Data

Fakultas FAKULTAS AGAMA ISLAM
Program Studi PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
Judul PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI MI MATHLA’UL ANWAR CIBITUNG TENGAH
Tahun 2023
Tanggal Input 23 May 2025, 09.50



Abstak

Destia Fitriani, NPM 191105050558. Pengaruh Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe Time Token Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa
Pada Mata Pelajaran IPS di MI Mathla’ul Anwar Cibitung Tengah. Program
Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Agama Islam,
Universitas Ibn Khaldun Bogor.
Kemampuan berpikir kritis sangatlah diperlukan untuk memahami pelajaran
dikelas. Rendahnya kemampuan berpikir kritis salah satunya disebabkan karena
peserta didik kurang dilibatkan dalam proses pembelajaran sehingga tidak memiliki
kesempatan untuk berpendapat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
pengaruh model pembelajaran time token terhadap kemampuan berpikir kritis siswa
mata pelajaran IPS kelas V MI Mathla?ul Anwar Cibitung Tengah. Penelitian ini
termasuk kedalam penelitian Kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi eksperimen.
Desain Penelitian ini menggunakan Nonequivalent Control Group design dengan
teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini menggunakan sebanyak 70 siswa
kelas V MI Mathla?ul Anwar Cibitung Tengah dimana VA berjumlah 40 siswa
sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran time token dan kelas
VB berjumlah 30 sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran
langsung. Teknik pengambilan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan
model pembelajaran time token terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada
mata pelajaran IPS pada kelas VA MI Mathla?ul Anwar Cibitung Tengah, hal ini
dibuktikan pada pengambilan keputusan dalam uji independent sample T-Test dapat
disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, yang artinya ada perbedaan
antara rata- rata kemampuan berpikir kritis pada kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Hal ini karena peserta didik terlibat langsung dalam pembelajaran dan diwajibkan
menggunakan kartu bicaranya sampai habis, sehingga kemampuan berpikir peserta
didik mampu tersampaikan.
Kata Kunci : model pembelajaran, time token, berpikir kritis, siswa