Abstak
Syahrul Nur Rohman Pratama
171104090880
Kecerdasan Spriritual adalah ketajaman pemikiran dan pemahaman dari akal
beserta hati nurani dalam mengelola dan mendayakagunakan makna-makna, nilai-
nilai dan kualitaskualitas dalam kehidupannya baik dalam menyelesaikan masalah
atau mengambil keputusan, berprilaku dengan sesame manusia dan alam sekitar
berdasarkan prinsip hanya kepada Allah. Kemudian aktivitas belajar merupakan
kegiatan atau keaktifan yang dilakukan siswa diharapkan yaitu kegiatan yang
bermanfaat yang berhubungan dengan kegiatan belajar mengajar. Peneltian ini
bertujuan untuk untuk mengetahui gambaran kecerdasan spiritual siswadi SMP
PGRI 5 Kota Bogor. untuk mengetahui gambaran keaktifan belajar siswa pada mata
pelajaran PAI di SMP PGRI 5 Kota Bogor, untuk mengetahui gambaran pengaruh
kecerdasan spiritual terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PAI di
SMP PGRI 5 Kota Bogor. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif
adalah penelitian yang diambil melalui hitungan angka (numerik). Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, dokumentasi,
observasi. Analisis data menggunakan regresi linier sederhana dengan taraf
signifikansi 5%. Jika dilihat dari perolehan Thitung = 6,946 Ttabel =1,676. Dan
nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05 ((0,000>0,05) artinya terdapat
pengaruh yang positif dan signifikan kecerdasan spiritual terhadap aktivitas belajar.
Dilihat dari hitungan R square = 0,501 yang berarti bahwa kecerdasan spiritual
mempengaruhi aktivitas belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran PAI di SMP
PGRI 5 Kota Bogor sebesar 50,1?n sisanya 49,9% dipengaruhi oleh faktor lain.
Kata Kunci: Kecerdasan Spriritual, Aktivitas Belajar, PAI