Abstak
Muhammad Dzak Anhari
201105030824
Felix Siauw sebagai salah satu penda’wah digital yang cukup terkenal dengan
jumlah 5,3 juta pengikut di akun media sosial Instagram mampu memberikan
pengaruh kepada masyarakat terkait pemikiran ide “hijrah” atau berubah ke pribadi
muslim yang lebih baik. Da’wah sebagai aktivitas berbicara di publik
membutuhkan dilakukanya digitalisasi. Perkembangan zaman hari ini yang
menuntun masyarakat untuk tumbuh bersama dengan kemajuan teknologi dan
informasi mengharuskan digitalisasi informasi secara masif sebagai upaya pesan
dapat tersampaikan dengan baik. Digitalisasi pesan da’wah menjadi salah satu
bentuk usaha mempertahankan da’wah dalam kehidupan masyarakat, khususnya di
era digital. Penelitian ini akan mengkaji bagaimana da’wah digital Ustadz Felix
Siauw sebagai penda’wah dan pemberi pengaruh di masyarakat Indonesia.
Pengkajian dilakukan dengan menganalisa kandungan yang terdapat di dalam
konten Da’wah audio visual pada akun instagram Felix Siauw yang diunggah pada
bulan April-Juni 2023. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode kualitatif
deskriptif dengan menjadikan tabel analisa konten da’wah audio visual dan sumber
pustaka sebagai media dalam mendeskripsikan objek penelitian; da’wah digital
Felix Siauw. Sumber-sumber literatur digital juga digunakan dalam upaya
menemukan ide, gagasan, dan pendapat pada penelitian ini. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa sebanyak 9 topik da’wah yang kerap digunakan Felix Siauw
dalam melakukan da’wah digital yaitu; Pemikiran, Akhlak Islam, Ibadah, Hijrah,
Sejarah Islam, Politik, Pernikahan, Pemuda, Motivasi Iman. Topik-topik da’wah
yang diangkat oleh Felix Siauw disajikan dengan 4 ragam bentuk output media
digital yaitu; gambar dengan caption, video animasi dan audio, video ilustrasi dan
audio, dan video rekaman pesan da’wah. Pada semua bentuk da’wah digital yang
telah dihasilkan di Instagram, Felix Siauw menggunakan 4 jenis pendekatan;
penyapaian nasihat dan cerita pengalaman, hanya penyampaian nasihat,
penyampaian nasihat dan diskusi, dan hanya diskusi.
Kata Kunci : Da’wah, Da’wah Digital, Digitalisasi informasi, Media Sosial