Abstak
Siti Nurasiyah, 181105010312, “Pengaruh Model Cooperative Learning
Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Akidah Akhlak Siswa Kelas VII MTs Al
Khoiriyah Tapos Depok”, Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam,
Universitas Ibnu Khaldul Bogor, 2022, Skripsi
Dalam upaya meningkatkan mutu dari pendidikan sangatlah dibutuhkan adanya
sebuah pembaruan dalam bidang pendidikan. Salah satu upayanya dalam meningkatkan
kualitas dari pembelajaran yakni dengan pembaruan relevensi atau pendekatan model
belajar mengajar. Dikatakan baik dan relevan suatu model pengajaran apabila selama
proses pembelajaran telah berhasil mengantarkan untuk mencapai kepada sebuah tujuan
pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah agar mengetahui pengaruh pembelajaran
koomperatif atau cooperative learning tipe jigsaw terhadap hasil belajar akidah akhlak
siswa kelas VII MTs Al-Khoiriyah Tapos Kota Depok.
Metode yang digunakan pada penelitian ini yang berjudul “Pengaruh Model
Cooperative Learning Terhadap Hasil Belajar Akidah akhlak Siswa Kelas VII MTs Al
Khoiriyah Tapos Depok” adalah pendekatan kuantitatif. Desain yang akan digunakan
dalam penelitian ini adalah pre-eksperimental (non-desings) dimana dalam desain ini
belum merupakan eksperimen yang sungguh-sungguh dikarenakan adanya sebuah
pengaruh terhadap terbentuknya variabel dependen yang berasal dari variabel luar yang
ikut).
Dari hasil uji hipotesis dari pretest dan posttest menunjukan bahwa terdapat
perbedaan hasil belajar akidah akhlak materi akhlak tercela riya dan nifaq yang signifikan
antara siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvesional. Hal ini juga terlihat dari hasil rata-rata siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih tinggi yakni 69,84 dibandingankan siswa yang mengunakan pembelajaran konvesional atau sebelum diberlakukannya pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw yang terbilang lebih rendah yakni 42,19. Berdasarkan hasil yang telah didapatkan dapat diketahui bahwasannya model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw ini berpengaruh
terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada pelajaran akidah akhlak materi akhlak tercela
riya dan nifaq.
Kata kunci: Cooperatif Learning Tipe Jigsaw, Hasil Belajar