Back


Detail Data

Fakultas FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
Program Studi AKUNTANSI
Judul PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PERTUMBUHAN PERUSAHAAN, LEVERAGE DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN
Tahun 2023
Tanggal Input 24 Jun 2025, 09.49



Abstak

Ulfia Putri Hamidah
191104020622
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan,
pertumbuhan perusahaan, leverage dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan
pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di
Bursa Efek Indonesia tahun 2020-2022. Metode yang digunakan dalam
pengambilan sampel adalah purposive sampling. Purposive sampling merupakan
teknik dalam menentukan sampel berdasarkan kriteria tertentu yang akan
mendukung variabel yang digunakan. Berdasarkan kriteria tersebut, jumlah sampel
yang didapatkan sebanyak 19 perusahaan sehingga total observasi dalam penelitian
ini sebanyak 57 observasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data
sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan yang tersedia di website resmi
Bursa Efek Indonesia. Metode pengumpulan data menggunakan metode
dokumentasi. Metode dokumentasi dilakukan dengan cara mengumpulkan data
sekunder melalui laporan keuangan perusahaan yang telah diaudit dan telah
dipublikasikan dalam website resmi Bursa Efek Indonesia. Metode analisis data
yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis
regresi linier dengan tingkat signifikansi 5% maka hasil penelitian ini
menyimpulkan bahwa (1) Ukuran Perusahaan tidak berpengaruh terhadap Nilai
Perusahaan, (2) Pertumbuhan Perusahaan berpengaruh negatif dan signifikan
terhadap Nilai Perusahaan, (3) Leverage berpengaruh positif dan signifikan
terhadap Nilai Perusahaan, (4) Profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan
terhadap Nilai Perusahaan.
Kata kunci: ukuran perusahaan; pertumbuhan perusahaan; leverage; profitabilitas;
nilai perusahaan.