Back


Detail Data

Fakultas FAKULTAS AGAMA ISLAM
Program Studi PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
Judul PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA KELAS 5 SD/MI
Tahun 2023
Tanggal Input 23 May 2025, 10.10



Abstak

PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS
PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN
KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA KELAS 5 SD/MI
Asriani
191105050557
Guru abad 21 didituntut untuk mampu mengintegrasikan teknologi informasi
dan komunikasi (TIK) dalam proses pembelajaran. Selain itu, guru harus
mampu membekali siswa dengan keterampilan yang dibutuhkan abad 21, salah
satunya keterampilan komunikasi agar siswa siap bersaing dan menghadapi
perubahan zaman. IPA sebagai mata pelajaran yang dipelajari sejak SD
berkaitan dengan keterampilan komunikasi. Oleh karena itu, penelitian ini
bertujuan untuk mengembangkan e-modul pembelajaran IPA berbasis project
based learning untuk meningkatkan keterampilan komunikasi siswa kelas 5
SD/MI. Selain itu, penelitian ini difokuskan untuk mengetahui proses
pengembangan, kelayakan dan keefektifannya dalam meningkatkan
keterampilan komunikasi siswa. Pengembangan e-modul dilakukan
menggunakan metode Research and Development (R&D) model 4D yang
terdiri dari 4 tahapan yaitu define, design, develop dan disseminate. Berdasarkan
hasil uji kelayakan yang meliputi hasil uji ahli materi 77,5%, hasil uji ahli media
81%, hasil uji ahli bahasa 83%, hasil uji coba perorangan 83,7%, hasil uji coba
kelompok kecil 80%, dan hasil uji coba kelompok besar 80%, maka secara
keseluruhan diperoleh skor 81,9% yang berarti e-modul yang telah
dikembangkan sangat valid dan layak digunakan dalam pembelajaran IPA.
Selain itu, berdasarkan uji efektivitas menggunakan aplikasi SPSS FOR
Windows 26 dari data posttest dan pretest di kelas kontrol dan kelas eksperimen,
didapatkan hasil Sig.(2-Tailed) 0,001 atau kurang dari 0,05 yang berarti terdapat
perbedaan yang signifikan sehingga e-modul pembelajaran IPA berbasis project
based learning yang telah dikembangkan dinyatakan efektif untuk
meningkatkan keterampilan komunikasi siswa.
Kata kunci: E-modul, IPA, Project Based Learning, Komunikasi, SD/MI