Abstak
ABSTRAK
Yeni Nurbaiti NIM : 161101020940, “Hubungan Penilaian Autentik
Dengan Kinerja Guru Pendidikan Anak Usia Dini Di Kecamatan Tanah
Sareal Kota Bogor”. (Skripsi) Prodi Pendidikan Masyarakat FKIP – UIKA
Bogor.
Masalah dalam penelitian ini adalah ; “Bagaimana Hubungan Antara
Penilaian Autentik dengan Kinerja Guru Pendidikan Anak Usia Dini di
Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor ? ”, bertujuan untuk memperoleh data dan
informasi tentang Hubungan Antara Penilaian Autentik dengan Kinerja Guru
Pendidikan Anak Usia Dini di Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor.
Penilaian Autentik adalah kegiatan yang sistematis dan bekesinambungan
untuk memilih, mengumpulkan, dan menafsirkan data, proses dan hasil belajar
siswa yang akan menjadi informasi tentang perkembangan belajar siswa.
Perkembangan belajar peserta didik perlu diketahui oleh guru agar bisa
memastikan bahwa mereka mengalami proses pembelajaran dengan benar.
Sementara kinerja adalah kesuksesan seseorang dalam melaksanakan
pekerjaan, berkenaan dengan apa yang dihasilkan seseorang dari pekerjanya.
Orang yang tingkat kinerjanya tinggi disebut sebagai orang yang produktif,
sebaliknya orang yang kinerjanya tidak mencapai standar dikatakan sebagai
orang yang tidak produktif.
Dengan menggunakan metode kuantitatif deskriptif, dibantu teknik
pengumpulan data berupa observasi, kuesioner, wawancara dan studi pustaka.
Kemudian dengan menggunakan Teknik random sampling, dipilih 48 orang
yang dijadikan sampel dari 320 orang guru PAUD se - Kecamatan Tanah Sareal
Kota Bogor sebagai Populasi.
Dari hasil analisis didapatkan Nilai r hitung ( 0,455) > r tabel (0,284) dan Nilai
t hitung (3,466) > t table (2,01290). Hal ini menunjukkan adanya hubungan antara
Penilaian Autentik dengan Kinerja Guru PAUD di Kecamatan Tanah Sareal
Kota Bogor, diperkuat dengan nilai KD sebesar 20,70%, yang mengandung arti
besarnya nilai hubungan antara Penilaiam Autentik dengan Kinerja Guru PAUD
di Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor sebesar 20,70 %, sedangkan 79,30%,
lagi diakibatkan faktor lain.
Kata Kunci: Penilaian Autentik, Kinerja Guru, PAUD.