Abstak
M. Shiddiq Rilo Andito
141101030612
Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengembangkan sebuah media
pembelajaran untuk memudahkan pembelajaran pada kegiatan kepramukaan
terutama pada materi pengembaraan pada anggota pramuka golongan
penegak dan (2) memotivasi anggota pramuka terutama anggota pramuka
golongan penegak untuk mengikuti pendidikan kepramukaan di
gugusdepannya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau
Research and Development dengan model penelitian Borg dan Gall dan
dengan model pengembangan ASSURE. Hasil akhir dari penelitian ini
adalah produk media pembelajaran interaktif yang dapat dioperasikan di PC
(Personal Computer) dengan aplikasi Articulate Storyline versi 2.0,
selanjutnya media diuji coba oleh ahli konten, ahli pembelajaran, ahli media
dan peserta didik dalam kelompok kecil. Pengumpulan data dilakukan
dengan angket dan analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media pembelajaran interaktif
mampu memudahkan pembelajaran kepramukaan dengan hasil penilaian
kelompok kecil pada isi materi bernilai 89,29%, pembelajaran bernilai
87,50?n media bernilai 92,31?n (2) media pembelajaran interaktif
ini layak digunakan berdasarkan hasil uji coba media oleh para ahli dan
peserta didik.