Back


Detail Data

Fakultas FAKULTAS AGAMA ISLAM
Program Studi PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
Judul PENGARUH METODE MATEMATIKA NALARIA REALISTIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 3 SD BOSOWA BINA INSANI
Tahun 2025
Tanggal Input 31 Jul 2025, 11.13



Abstak

Gita Putri Amalia Shaliha 211105050384.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode
Matematika Nalaria Realistik (MNR) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas
3 SD Bosowa Bina Insani. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif
dengan metode kuasi eksperimen yang melibatkan dua kelompok kelas yaitu kelas
kontrol dan kelas eksperimen. Desain dari penelitian ini Non Equivalent Control
Group Design. Sampel yang digunakan yaitu 46 siswa, yang terdiri dari 23 siswa
kelas 3A sebagai kelas kontrol, dan 23 siswa kelas 3C sebagai kelas eksperimen.
Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes yang terdiri
dari 12 soal uraian yang bersifat HOTS dan studi dokumentasi. Hasil dalam
penelitian yang didapatkan melalui uji t yang menggunakan rumus uji independent
sample t test yaitu adanya pengaruh yang signifikan dalam penerapan metode MNR
terhadap hasil belajar matematika siswa kelas 3 terutama pada materi pecahan
dengan hasil thitung < ttabel dengan hasil sig 2-tailed sebesar 0.000 < 0.05 sehingga
H0 ditolak dan Ha diterima.
Kata Kunci: Matematika Nalaria Realistik (MNR), Hasil Belajar Matematika
Siswa, Matematika.