Abstak
                                            
                                                 Alia Ning Tyas Apriliani NPM 211105050380
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media 
gambar terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas III diSDIT Qurrata Aini 
Baitussalam. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya minat dan kemampuan 
siswa dalam menulis puisi, yang disebabkan oleh kurangnya media pembelajaran 
yang menarik serta minimnya motivasi siswa dalam mengembangkan kreatvitas 
menulis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain 
ekspreimen semu ( Quasi Experimental ). Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, 
yaitu kelas eksperimen yang menggunakan media gambar dan kelas control yang 
tidak menggunakan media gambar. Intrumen yang digunakan adalah tes 
keterampilan menulis puisi ( pretest dan posstest) serta angket motivasi belajar. 
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara 
keterampilan menulis puisi siswa pada kelas eksperimen dan kelas control. Rata
rata nilai posttest kelas eksperimen lebih tinggi di bandingkan kelas control, yang 
menunjukkan bahwa penggunaan media gambar secara signifikan meningkatkan 
kemampuan menulis puisi siswa. Selain itu, ditemukan bahwa motivasi berprestasi 
juga berkonstribusi positif terhadap peningkatakan keterampilan menulis, media 
gambar mampu memfasilitasi imajinasi, meningkatkan minat, dan mempermudah 
siswa dalam menuangkan ide-ide secara kreatif dalam bentuk puisi.  
Kata kunci: Media gambar, keterampilan menulis, puisi, motivasi berprestasi, 
pembelajaran visual