Abstak
Nurul Afifah Fauzianti (NPM. 171104090894): Hubungan
Pembelajaran Aqidah Akhlak dengan Karakter Tanggung Jawab
Siswa di MAN 2 Kota Bogor, skripsi, Jurusan Pendidikan Agama
Islam, Universitas Ibn Khaldun Bogor.
Karakter tanggung jawab dapat dibentuk melalui pengaruh lingkungan khususnya
pendidikan atau di lingkungan sekolah. Sasaran yang ditempuh dalam pembentukan
karakter tanggung jawab ini adalah kepribadian yang memiliki akhlak yang mulia
dan tingkat kemuliaan seseorang bisa dilihat dari tingkat keimannya. Tanggung
jawab itu sendiri merupakan satu sikap atau prilaku seseorang untuk dapat
melaksanakan tugas dan kewajiban yang harus dilakukan terhadap diri sendiri,
masyarakat dan lingkungan sekitar. Dengan mata pelajaran aqidah akhlak dapat
dipandang sebagai wadah untuk membina dan membentuk tingkah laku siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan pembelajaran aqidah
akhlak dengan karakter tanggung jawab siswa di MAN 2 Kota Bogor, dengan
jumlah responden sebanyak 39 siswa dari populasi sebanyak 114 siswa kelas X IPS.
Pengaruh pembelajaran aqidah akhlak menggunakan angket (kuesioner) dengan
hasil uji validitas dari 10 butir pernyataan terdapat 9 pernyataan yang valid, dan
hasil uji reliabelitas dinyatakan reliabel. Sedangkan karakter tanggung jawab siswa
dengan hasil uji validitas dari 10 butir pernyataan, terdapat 9 pernyataan yang valid
dan hasil uji reliabelitas dinyatakan reliabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:
terdapat korelasi yang baik atau tinggi dengan nilai 0,83, jika dilihat dari hasil tabel
interprestasi terdapat korelasi yang sangat kuat antara variabel X dan Y. karena rxy
> rtabel (0,83 > 0,361) atau dinilai signifikansinya < 0,05 (0,000 < 0,05). Sehingga
hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima.
Kata Kunci: Karakter, Tanggung Jawab, Aqidah Akhlak