Back


Detail Data

Fakultas FAKULTAS AGAMA ISLAM
Program Studi PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Judul UPAYA GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS AL-QUR’AN MELALUI METODE IQRO’ PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLB BINA SEJAHTERA
Tahun 2021
Tanggal Input 03 Jul 2025, 10.40



Abstak

Nida Khofyya Hidayat, (171104090180), Upaya Guru PAI Dalam
Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Al-Qur’an Melalui Metode Iqro’
Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di SLB Bina Sejahtera, Skripsi: Program Studi
Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Ibn Khaldun Bogor 2021.
Anak berkebutuhan khusus (ABK) sangat diperlukan sebuah pembelajaran
dengan metode yang sesuai dalam pembelajaran membaca dan menulis Al-Qur’an.
Memahami situasi dan kondisi pada anak berkebutuhan khusus saat ini tentu berbeda
dengan anak seperti umumnya, maka guru PAI berupaya melaksanakan pembelajaran
membaca menulis Al-Qur’an dengan metode yang sesuai untuk anak berkebutuhan
khusus (ABK).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru PAI dalam meningkatkan
kemampuan membaca menulis Al-Qur’an pada anak berkebutuhan khusus, dan
mengetahui kemampuan anak berkebutuhan khusus dalam membaca menulis Al
Qur’an di SLB Bina SejahteraTahun pelajaran 2020/2021.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif lapangan yang
dilakukan di Sekolah Luar Biasa (SLB) Bina Sejahtera, pada bulan Januari 2021-Mei
2021. Subyek penelitian ini adalah guru pendidikan agama Islam SLB Bina Sejahtera,
kepala sekolah, guru kelas, siswa, dan orang tua siswa SLB Bina Sejahtera.
Pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi.
Untuk mengetahui keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan
metode. Data di analisis menggunakan model interaktif melalui tahapan pengumpulan
data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan upaya guru PAI dalam
meningkatkan kemampuan membaca menulis Al-Qur’an melalui metode Iqro’ pada
anak berkebutuhan khusus adalah; memberikan semangat dan pendekatan kasih
sayang, memberikan hadiah/reward, memisahkan bangku setiap anak, diajarkan secara
dituntun satu persatu melakukan pengulangan bacaan agar mudah diingat dan paham,
Serta menambahkan media gambar. Adanya upaya guru ini mampu meningkatkan
kemampuan anak berkebutuhan khusus dalam membaca menulis Al-Qur’an. Dan
kemampuan yang terjadi pada anak berkebutuhan khusus dalam membaca menulis Al
Qur’an memiliki kemampuan yang berbeda-beda.
Kata Kunci: Guru PAI, Membaca, Menulis, Al-Qur’an, Anak Berkebutuhan Khusus.


Preview