Back


Detail Data

Fakultas FAKULTAS AGAMA ISLAM
Program Studi KOMUNIKASI PENYIARAN ISLAM
Judul ANALISIS KONTEN DAKWAH VISUAL PADA AKUN INSTAGRAM @safari_dakwah
Tahun 2024
Tanggal Input 23 May 2025, 09.35



Abstak

Abstrak
Dakwah dengan menggunakan konten visual yang diwadahi oleh media sosial Instagram untuk
terus bekarya dalam sebuah inovasi, khususnya inovasi di dalam teknologi sebagai penunjang
kegiatan dakwah yang dibuat semenarik dan sejelas mungkin agar menarik perhatian orang
orang terhadap pesan yang disampaikan. Konten dakwah visual harus memperhatikan berbagai
aspek-aspek dalam penyampaian dakwahnya dari segi media dan materi yang disampaikan
harus sesuai dan menarik agar dapat dimuat menjadi sebuah konten dakwah Islam. Dakwah
visual melalui media sosial Instagram dimanfaatkan oleh akun Instagram @safari_dakwah
dalam menuangkan ilmu agama dan ide pikiran-pikiran kreativnya ke dalam desain visual
dengan isi pesan yang berkaitan tentang dakwah. Penelitian ini merumuskan bagaimana isi
pesan dakwah yang terdapat pada konten akun Instagram @safari_dakwah. Kemudian
bagaimana @safari_dakwah mengemas konten dakwah visual agar bisa menarik objek
dakwah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif menggunakan analisis isi untuk
mengetahui isi pesan dakwah. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, dapat diperoleh
kesimpulan bahwa akun Instagram @safari_dakwah telah mengisi desain dakwah seperti pesan
tauhid dan akhlak dengan rincian isi tema tentang kepribadian, bersyukur, Ibadah, Berikhtiar,
dan Thalibul ‘ilmi. Kemudian dalam mengemas desain dakwah yang dikemas menggunakan
unsur-unsur desain seperti titik, garis, bentuk, ukuran, teksture, kontras, tipografi, warna, dan
prinsip seperti irama, penekanan, keseimbangan, dan kesatuan yang telah disesuaikan agar
desain mudah dibaca, dipahami, menarik, dan bermanfaat.
Kata Kunci: Dakwah, Konten, Desain Visual