Back


Detail Data

Fakultas FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS
Program Studi TEKNIK INFORMATIKA
Judul MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN KOMPONEN PERANGKAT KERAS KOMPUTER BERBASIS AUGMENTED REALITY
Tahun 2024
Tanggal Input 26 May 2025, 13.42



Abstak

ABSTRAK
Kemajuan teknologi dalam bidang pendidikan berkembang pesat, termasuk
pemanfaatan Augmented Reality (AR) sebagai media pembelajaran interaktif.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi berbasis AR yang
dirancang untuk membantu siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) memahami
komponen perangkat keras komputer. Aplikasi ini dibuat menggunakan Unity 3D
dan Vuforia, yang memungkinkan visualisasi objek 3D komponen perangkat keras
komputer melalui kamera smartphone android. Proses pengembangan aplikasi
menggunakan metode waterfall, yang terdiri dari tahapan analisis, perancangan,
implementasi, dan pengujian. Pengujian dilakukan menggunakan metode black box
untuk memastikan bahwa semua fitur berfungsi dengan baik. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa aplikasi ini dapat meningkatkan minat belajar siswa dengan
menghadirkan visualisasi 3D yang lebih interaktif dan menarik. Selain itu, aplikasi
ini terbukti efektif dalam membantu siswa memahami materi perangkat keras
komputer yang sulit dipahami melalui metode pembelajaran tradisional. Aplikasi
ini diharapkan dapat menjadi solusi inovatif bagi sekolah yang memiliki
keterbatasan laboratorium komputer, dengan menyediakan pengalaman belajar
yang lebih interaktif dan menarik bagi siswa.
Kata Kunci: Android, Augmented Reality, Komponen Perangkat Keras Komputer,
Pembelajaran Interaktif.


Preview