Abstak
Syuaebatul Islamiyah
151104090142
Kualitas kompetensi guru yang baik akan membuat pembelajaran menjadi
lebih sehat dan menghindarkan dari terjadinya kenakalan siswa salah satunya
tawuran pelajar, namun sebaliknya jika kompetensi buruk maka pembelajaran
tidak berkualitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui harapan siswa
terhadap kinerja kompetensi guru PAI. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas XI di SMK Negeri
1 Cibinong, dan pengambilan sampel penulis menggunakan teknik random
sampling. Dalam penelitian ini, pengumpulan data menggunakan kuesioner. Data
dianalisis menggunakan Tingkat kesesuaian importance dan performance yakni
dengan hasil 92.6% yang menunjukkan harapan dan kinerja telah “sesuai”, hasil
ini juga menyatakan bahwa kompetensi guru PAI di SMKN 1 Cibinong sudah
baik. Selain itu menggunakan analisis Importance Performance Analysis (IPA)
yang kemudian digambarkan dengan diagram kartesius. Maka dari 33 atribut yang
dianalisis yang termasuk ke dalam kuadran I terdapat 2 atribut prioritas perbaikan
yakni mengenai perhatian dan bantuan yang diberikan guru PAI sesuai dengan
kebutuhan siswa dan bagaimana guru PAI menciptakan iklim belajar yang
kondusif.
Kata Kunci: Importance Performance Analysis, Kompetensi Guru PAI, Tawuran Pelajar