Abstak
Siti Nurfadilatunnisa
191102031318
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan dan tingkat kelayakan media pembelajaran Pop Up Book pada tema 5 materi cuaca di kelas III SDN Sadeng 01 Kab Bogor. Penelitian ini merupakan Penelitian Pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan Model Pengembangan Instruksional (MPI). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan beberapa metode yaitu wawancara, angket, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu media pembelajaran Pop Up Book pada tema 5 materi cuaca dengan menggunakan Model Pengembangan Instruksional (MPI) hingga tahap ke delapan dan hasil uji kelayakan validasi ahli media sebesar 85,29%, ahli desain pembelajaran sebesar 94,64%, dan ahli materi sebesar 96,42%. Sedangkan hasil uji coba One to One (perorangan) sebesar 95,83%, hasil uji coba Small Groups (kelompok kecil) sebesar 90?n hasil uji coba Field Trial (kelompok besar) sebesar 92,42%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci: Pop Up Book, materi cuaca, Model Pengembangan Instruksional (MPI)