Abstak
Andriyani Damayanti
15110409025
Tujuan penelitian ini adalah: (1). Untuk mengetahui tujuan pembelajaran
kitab Ta’lim Muta’allim di Pondok Pesantren Izzatul Islam, (2). Untuk
mengetahui pelaksanaan pembelajaran kitab Ta’lim Muta’allim dalam
mengembangkan karakter santri di pondok Pesantren Izzatul Islam Parung
Kabupaten Bogor, (3). Untuk mengetahui upaya pembentukan karakter santri
mengenai adab mengagungkan ilmu dalam kitab Ta’lim Muta’allim di pondok
Pesantren Izzatul Islam Parung Kabupaten Bogor, (4). Untuk mengetahui faktor
pendukung dan penghambat dalam pembentukan karakter santri dalam
pembelajaran kitab Ta’lim Muta’allim di Pondok Pesantren Izzatul Islam Parung
Kabupaten Bogor, (5). Untuk mengetahui penerapan isi kandungan kitab Ta’lim
Muta’allim dalam mengembangkan karakter santri di pondok pesantren Izzatul
Islam Parung Kabupaten Bogor.
Penelitian ini dilakukan kurang lebih 5 bulan, yaitu bulan Maret sampai
Juli 2019 yang dilaksanakan di Pondokn Pesantren Izzatul Islam Parung
Kabupaten Bogor. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan (field
search), dimana penelitian melakukan penelitian lapangan yang terjun langsung
ke obyek penelitian yaitu Pondok Pesantren Izzatul Islam Parung Kabupaten
Bogor. Metode penelitian ini menggunakan Kualitaitif. Teknik pengumpulan data
dengan Observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) tujuan pembelajaran kitab Ta’lim
Muta’allim di Pondok Pesantren Izzatul Islam Parung Kabupaten Bogor adalah
untuk membentuk kepribadian Santri yang beradab dalam belajar dan
meningkatkan Santri dalam menuntut ilmu dimanapun berada dan mengasilkan
ilmu yang manfaat dan berakah. 2) pelaksanaan pembelajaran kitab Ta’lim
muta’allim di Pondok Pesantren Izzatul Islam pada malam Selasa setelah Shalat
Isya pada pukul 19.30-21.00 WIB. 3). Upaya pembentukan karakter Santri dengan
pendekatan Konstektual yaitu mengaitkan materi dengan dunia kisah-kisah
Rasulullah. 4). Faktor pendukung dan penghmabat pembelajaran kitab Ta’lim
Muta’allim yaitu: sarana prasarana, Santri tidak aktif, cara mengajar yang kurang
menguasai metode, malas dan kosakata yang susah., adapun faktor pendukumg
yaitu: letak Pondok Pesantren yang strategis, visi misi pesantren dan evaluasi
pembelajaran. 5). Penerapan isi Kandungan Ta’lim Muta’allim tersebut di Pondok
Pesantren Izzatul Islam dapat mengembangkan karakter Santri, dengan adanya
pembelajaran kitab Ta’lim Muta’allim maka santri tersebut dapat mengetahui
adab-adab dalam menuntut ilmu dan akhlak apa saja yang harus dimiliki oleh
seorang penuntut ilmu serta ilmu yang didapat akan membawa keberkahan.