Back


Detail Data

Fakultas FAKULTAS AGAMA ISLAM
Program Studi KOMUNIKASI PENYIARAN ISLAM
Judul DAMPAK KEBIASAAN PENGGUNAAN GAME ONLINE TERHADAP KOMUNIKASI REMAJA DENGAN KELUARGA
Tahun 2023
Tanggal Input 19 Sep 2025, 12.43



Abstak

Amelia Azizah Rahmah
191105030207
Game online merupakan permainan yang dimainkan oleh banyak pengguna di waktu yang sama dengan adanya jaringan komunikasi online. Dilatarbelakangi oleh kurang baiknya komunikasi remaja dengan keluarganya yang disebabkan karena kebiasaan penggunaan bermain game online secara berlebihan, menghabiskan sebagian waktunya bermain game yang menyebabkan anak menjadi susah untuk diajak berinteraksi dan berkomunikasi dengan keluarganya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui realitas kebiasaan penggunaan game online, mengetahui realitas komunikasi remaja dengan keluarga dan mengetahui dampak kebiasaan bermain game online terhadap komunikasi remaja dengan keluarga. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif, dengan sampel sebanyak 92 responden.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: Pertama, 69,6% remaja di Desa Cijujung bermain game online, 58,7% remaja ketergantungan bermain game online dengan frekuensi 63% remaja bermain game online 2 hingga 3 kali dalam sehari. Kedua, 46,7% komunikasi berjalan dengan baik, dengan frekuensi 42,4% remaja berkomunikasi dengan orang tua setiap harinya, 40,2% mereka berkomunikasi dengan orang tua hanya seperlunya saja. Dan ketiga, melalui uji korelasi product moment dengan perhitungan program SPSS 22.0 for windows
menunjukan nilai korelasi dengan taraf signifikan 5% antara variabel X dan Y sebesar 0,690 yang terletak Antara interval 0,60 – 0,799. Jika dilihat dari interpretasi data termasuk kuat, yang artinya kebiasaan penggunaan game online berdampak terhadap komunikasi remaja dengan keluarga dengan tingkat hubungan yang kuat.
Kata kunci: Game online, Komunikasi Remaja, Kebiasaan, Ketergantungan


Preview