Abstak
Firdhausy Amelia, NPM: 161104110861
Lahirnya media baru di era digital saat ini, menambah beragamnya media
sosial yang ada. Salah satunya ialah instagram, media sosial yang pada awalnya
sebatas digunakan secara personal untuk mengunggah foto atau video, kini
memiliki banyak peran yang lebih banyak digunakan oleh anak muda atau
generasi milenial. Sejalan dengan kegiatan Hijrah Fest yang memiliki segmentasi
pengunjung pada generasi muda ini, memanfaatkan serta mengoptimalkan
penggunaan media sosial instagram dalam menunjang kegiatannya. Ditambah
dengan kegiatan Hijrah Fest yang telah menjadi peristiwa fenomena baru di
Indonesia ini, berpotensi dalam mempererat ukhuwah islamiah.
Oleh karena itu, dalam penelitian ini ingin mengetahui bagaimana
fenomena Hijrah Fest di Indonesia, serta apa saja peran media baru dalam
kegiatan Hijrah Fest. Metode penelitian yang digunakan ialah kualitatif, dengan
teknik pengambilan data wawancara mendalam bersama ketua dan pengelola
media sosial Hijrah Fest. Serta wawancara kepada pengunjung dan volunteer.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini, fenomena Hijrah Fest
menggambarkan antusiasme tinggi bagi anak muda dalam mengkaji Islam.
Terlepas dari banyaknya pro dan kontra dari kegiatannya. Untuk instagramnya
berperan sebagai penyampaian informasi terkait acaranya, komunikasi antara
pihak Hijrah Fest kepada publik, dan transaksi jual beli dari stand pameran
kepada pengunjungnya.
Kata Kunci: Dakwah, Hijrahfest, Peran Media Baru, Instagram, Ukhuwah
Islamiah.