Back


Detail Data

Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
Program Studi TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Judul PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMAN 7 BOGOR
Tahun 2019
Tanggal Input 01 Jul 2025, 11.24



Abstak

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa
yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share
dan tipe jigsaw pada mata pelajaran matematika kelas X di SMAN 7 Bogor.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian true eksperimen desain yang
berbentuk Posttest-only Control Group Desain. Populasi pada penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas X, dan sampelnya adalah kelas X IPS 1 dan X IPS 2,
dari kedua kelas tersebut dikelompokan menjadi kelas eksperimen yang memiliki
32 siswa dan kelas kontrol yang memiliki 34 siswa. Kelas eksperimen
menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dan kelas
kontrol menerapkan model pembelajaran tipe jigsaw. Pengumpulan data
penelitian ini menggunakan tes, data yang dikumpulkan adalah posttest. Metode
pengujian hipotesis yang digunakan adalah analisis uji independent sampel t-test.
Hasil penlitian menunjukan bahwa Terdapat perbedaan hasil belajar antara
kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif
tipe think pair share dengan kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan
model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Dimana kelompok siswa yang
dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share
lebih tinggi dari kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Hasil analisis data diperoleh nilai
signifikansi sebesar 0.000 < 0.05, maka Ho ditolak dan H1 diterima. Selanjutnya
hasil nilai t-hitung yaitu 4.202 > 1.997. Berdasarkan hasil di atas yaitu t-hitung >
t-tabel, maka Ho ditolak dan H1 diterima.
Kata kunci: Kooperatif Tipe Think Pair Share, Hasil Belajar


Preview