Back


Detail Data

Fakultas FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
Program Studi MANAJEMEN
Judul STRATEGI PEMASARAN DAN INOVASI PRODUK UNTUK UPAYA MENINGKATKAN PENJUALAN NAGEN ICE DI ERA NEW NORMAL
Tahun 2022
Tanggal Input 23 Jul 2025, 15.31



Abstak

Mydani Gustiana
181104010674
Penelitian ini dilakukan di daerah Pasarean Bogor bagian Barat. Dimana
terdapat UMKM Nagen Ice sebagai usaha rumahan sejak tahun 2019. Nagen Ice
memiliki arti nama yaitu Nagen berasal dari bahasa Sunda yang berarti Cicing dan
Ice yang berarti dingin. Ciri khas dari produk Nagen Ice yaitu memakai bahan
dasar susu sapi asli. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui strategi pemasaran
dan inovasi produk apa saja yang dilakukan Nagen Ice, dan apakah dapat
meningkatkan penjualan Nagen Ice, serta untuk mengetahui analisis SWOT pada
Nagen Ice. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah deskriptif
kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Jenis data terdiri dari data primer dan sekunder.
Hasil penelitian ini menunjukkan strategi pemasaran Nagen Ice menggunakan
bauran marketing mix (4p), inovasi produk menggunakan pengembangan produk
kemasan. Serta menggunakan analisis SWOT matriks IE yaitu penggabungan nilai
dari IFAS yaitu 3,07 dan nilai EFAS 2,55. Peneliti melihat adanya kemampuan
pemilik usaha dalam membaca kebutuhan konsumen dan penawaran yang akan
ditawarkan pada konsumen. Dengan berbagai trik dilakukan agar peningkatan
penjualan Nagen Ice mampu meningkat dan mempertahankan interaksi antara
penjual dan konsumen secara dinamis melalui strategi pemasaran dan inovasi
produk yang dilakukan.
Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Inovasi Produk, Nagen Ice, Analaisis SWOT


Preview