Abstak
ABSTRAK
KAJIAN PEMBANGUNAN JALAN DAN DRAINASE KAWASAN OLYMPIC
CITY. Jalan raya adalah suatu lintasan yang bertujuan melewatkan lalulintas dari suatu
tempat ketempat lain.Arti litasan disini dapat diartikan sebagai tanah yang diperkeras
atau jalan tanah tanpa perkerasan, jalan fungsi arteri merupakan jalan fungsi umum
yang berfungsi melayani angkutan utama dengan ciri perjalanan jarak jauh,dengan
kecepatan rata-rata tinggi, dan jumlah kendaraan masuk kejalan ini dibatasi secara
berdaya guna, jenis jalan dari desa kaum sari merupakan jalan arteri dengan spesifikasi
jalan arteri kelas II dengan lebar rencana keseluruhan 28 m, dengan kecepatan rencana
40 km/jam, pada sudut pI1 direncanakan jenis tikungan spiral-spiral dengan jari-jari
lengkung rencana 200 m, dan sudut PI2 direncanakan jenis tikungan spiral-circle-spiral
dengan jari-jari lengkung rencana 150 m, untuk mendapatkan keseimbangan gaian dan
timbunan pada alinemen vertikal direncanakan 7 PVI, mulai dari sta 0+000 dan brakhir
di 0+625, perkerasan jalan desa kaumsari menggunakan jenis perkerasan lentur dengan
tebal berdasarkan perhitungn LHR dan bahan yg dipakai yaitu laston (subface
source),batu pecah (Base course),sirtu 50% (Sub base course) dengan dimensi tebal
masing-masing lapisan yaitu surface course 5 cm, base course 20 cm, dan sub base
course 15 cm. Dan menggunakan Drainasr pracetak perjenis U-Ditch dengan lebar
dasar 1,15 m, dengan tinggi 2 m.
Kata kunci : Perencanaan jalan, drainase jalan
vii
ABSTRAK
ROAD DEVELOPMENT AND DRAINASE STUDY REVIEW IN OLYMPIC
CITY.The highway is a path that aims to pass traffic from one place to another. The
trajectory here can be interpreted as hardened ground or paved road without road, the
artery function is a general functioning road that serves the main transport with long
distance features, at speed average height, and the number of vehicles entering this
roadway is efficiently limited, the type of road from the sari village is an arterial road
with specification of class II artery road with an overall plan width of 28 m, with a
planned speed of 40 km / h, at the planned pI1 angle a spiral-spiral bend type with a
planned 200-meter curved radius, and a planned PI2 angle type of spiral-circle-spiral
bend with a 150-meter curved plan radius, to obtain the balance of excavation and
embankment on vertical alignment planned 7 PVI, starting from sta 0 + 000 and brakhir
at 0 + 625, pavement roads sari village using type pe flexible bending with thickness
based on LHR calculation and materials used are laston (subface source), base course,
sirtu 50% (sub base course) with thick dimension of each layer ie surface course 5 cm,
base course 20 cm , and a 15 cm sub-course course. And use the U-Ditch line of precast
channels with a base width of 1.15 m, with a height of 2 meters
Keywords : Road planning, Road drainage