Back


Detail Data

Fakultas FAKULTAS AGAMA ISLAM
Program Studi EKONOMI SYARIAH
Judul PENGARUH KUALITAS PRODUK TABUNGAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT MENABUNG DI PT. BPRS AMANAH UMMAH LEUWILIANG BOGOR
Tahun 2023
Tanggal Input 01 Jul 2025, 11.09



Abstak

Sintia Safutri (191105040088), “Pengaruh Kualitas Produk Tabungan dan
Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Menabung di PT. BPRS Amanah
Ummah Leuwiliang Bogor”. Skripsi. 2023
Perkembangan perbankan syariah di Indonesia menjadi eksitensi dalam
kalangan masyarakat dan berkembang secara signifikan dapat berpengaruh
terhadap kualitas produk dan kualitas pelayanan. Kualitas produk dan kualitas
pelayanan merupakan hal paling terpenting suatu perbankan dan dapat memenuhi
kebutuhan dan keinginan nasabah maka nasabah akan melakukan secara terus
menerus dan memiliki daya tertarik tersendiri. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas produk tabungan dan kualitas
pelayanan terhadap minat menabung di BPRS Amanah Ummah. Jenis penelitian ini
termasuk dalam penelitian lapangan (Field Reasearch) dengan menggunakan
metode kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder.
Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah BPRS Amanah Ummah yang
berjumlah 22,284 nasabah. Sampel ini menggunakan sebanyak 100 reponden.
Penentuan sampel dilakukan dengan noprobability sampling dengan Teknik
sampling incidental. Pengumpulan data melalui penyebaran angket/kuisioner.
Metode analisis data pada penelitian ini mengunakan uji normalitas, uji
multikolinearitas, uji heterodatisitas, uji regresi linear berganda dan uji hipotesis
(uji T, uji F dan uji koefisien determinasi) data diolah dengan program IBM SPSS
22. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, secara parsial diperoleh hasil
variabel Kualitas Produk (X1) thitung sebesar thitung > ttabel yaitu 3,779 > 1,984
dan Variabel kualitas pelayanan (X2) diperoleh thitung sebesar 3,126 > 1,984. Hal
ini berarti bahwa secara parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan antara
kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap minat menabung. Hasil koefisen
determinasi memperlihatkan besarnya koefisien determinasi variabel kualitas
produk tabungan dan kualitas pelayanan terhadap minat menabung sebesar 0,334=
33,4?n sisanya 66,8% dipengaruhi oleh variabel lain.
Kata kunci : Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Minat Menabung


Preview