Back


Detail Data

Fakultas FAKULTAS AGAMA ISLAM
Program Studi PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Judul PENGARUH PELAJARAN TA’LIM MUTA’ALLIM TERHADAP PERILAKU SANTRI DI PONDOK PESANTREN NURUL HIDAYAH JASINGA
Tahun 2019
Tanggal Input 07 Jul 2025, 15.22



Abstak

Edo Suwandi
151104090181
Ta‘lim Al Muta’allim merupakan karya terkenal Syekh Al-Zarnuji yang
berisi tentang sikap kepatuhan dari para murid sepenuhnya kepada para guru.
Karya ini merupakan salah satu ti ang peyangga utama pendidikan pesantren.
Kegiatan pembelajaran mengenai kitab tersebut diharapkan dapat
memperbaiki perilaku santri, khususnya ketika belajar. Oleh karena itu,
penulis tertarik untuk meneliti pengaruh Pembelajaran Kitab Ta’lim
Muta’alim terhadap perilaku santri di Pondok Pesantren Nurul Hidayah
Jasinga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh
Pembelajaran Kitab Ta’lim Muta’alim terhadap perilaku santri di Pondok
Pesantren Nurul Hidayah Jasinga. Penelitian ini dilakukan dengan
menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode korelasional. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Kemudian analisis data
yang digunakan adalah teknik analisis korelasi Product Moment.
Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, diperoleh nilai rhitung sebesar
0,652. Pada interpretasi sederhana, angka tersebut berada pada rentang 0,40
0,70 yang berarti antara variabel X dan Y terdapat korelasi yang sedang atau
cukup. Kemudian dengan menggunakan tabel signifikansi 5% diperoleh rtabel
sebesar 0,334 dari 33 sampel. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa Ho
atau hipotesis nol ditolak dan Ha diterima dikarenakan rhitung 0,652 > rtabel
0,334. Artinya terdapat hubungan antara Pembelajaran Kitab Ta’lim
Muta’alim dengan perilaku santri di Pondok Pesantren Nurul Hidayah
Jasinga.
Kata kunci: Pembelajaran Kitab Ta’lim Muta’alim, Perilaku


Preview