Abstak
Zainullail Ilham
131104090736
Imam Al-Ghazali adalah sosok ulama besar yang memberikan perhatian
terhadap akhlak. Pada zaman ini sangat mengawatirkan banyak orang-orang
terpelajar tapi tidak berakhlak. inilah yang mendorong penulis agar melakukan
penelitian seputar pendidikan akhlak siswa. Tentunya dengan menelaah konsep
pendidikan akhlak dari Imam Al-Ghazali dengan pendidikan akhlak siswa di
SMAN 1 Cibungbulang Bogor.
Skripsi ini menggunakan teknik analisis deskriptif yaitu catatan informasi
factual yang menggambarkan segala sesuatu apa adanya dan mencangkup
penggambaran secara rinci dan akurat terhadap berbagai dimensi yang terkait
dengan semua aspek peneliti. Adapun teknik pengumpulan data yaitu dengan
mengumpulkan data baik primer maupun sekunder untuk selanjutnya dipelajari,
diseleksi, dan diklasifikasi. Kemudian, penulis akan bisa membandingkan,
menganalisa, dan menyimpulkan dalam satu pembahasan yang utuh.
Kesimpulan yang dapat di ambil dari penelitian ini, yaitu:
Pertama,Akhlak menurut Imam Al-Ghazali berorientasi untuk mendekatkan diri
kepada Allah sehingga yang berhak menentukan mana akhlak yang terpuji dan
mana akhlak yang tercela bukan akal logika manusia dan bukan juga adat istiadat
suatu daerah tapi ketentuan dan ketetapan Allah dan Rasul-Nya yang termaktub di
dalam Al-Qur’an dan As-Sunnah
Kedua,akhlak siswa di SMAN 1 Cibungbulang Bogor berjalan secara
perlahan-lahan dan bertahap dengan berbagai macam cara seperti pembiasaan,
pelatihan, keteladana, kedisiplinan, dan kasih sayang di antara warga sekolah telah
memperoleh hasil yang menggembirakan. Perilaku siswa khususnya, sudah mulai
menampakan nilai-nilai akhlaqul karimah mulai dari perkatannya, perbuatannya,
dan tindakannya baik terhadap teman, orang tua, dan guru. Sehingga dimanapun,
kapanpun, dan dengan siapapun mereka akan berusaha menampilkan akhlak
akhlak yang terpuji sesuai dengan visi dari SMAN 1 Cibungbulang Bogor.