Back


Detail Data

Fakultas FAKULTAS AGAMA ISLAM
Program Studi PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Judul PERAN ORANG TUA DALAM MEMBIMBING ANAK MEMBACA AL-QUR’AN
Tahun 2023
Tanggal Input 24 Jun 2025, 11.49



Abstak

Nidaul Azizah. 191105010248. Peran Orang Tua dalam Membimbing Anak
Membaca Al-Qur’an (Studi Kasus di MTs Satu Atap Bina Rahmah).
Pendidikan Agama Islam. Fakultas Agama Islam. Universitas Ibn Khaldun
Bogor. Skripsi. 2023.
Pentingnya lembaga pendidikan melakukan sesuatu untuk meningkatkan kualitas
peserta didik agar mencetak lulusan unggul yang mampu meneruskan tingkat
pendidikan yang lebih tinggi. MTs SA Bina Rahmah merupakan lembaga
pendidikan yang memiliki reputasi baik dapat dibuktikan dengan akreditasinya.
Meskipun MTs SA Bina Rahmah sudah terakreditasi A tetapi masih ada
persoalan dengan kualitas siswanya terkait dengan kemampuan siswa membaca
Alquran. Penyusunan skripsi ini dilakukan memiliki tujuan untuk menggali
informasi peran orang tua dalam mengarahkan anak untuk dapat melafalkan ayat
al-Qur’an. Peneliti menggunakan metode kualitatif untuk mendeskripsikan
permasalahan secara mendalam dan mengumpulkan informasi yang lebih detail
guna menjawab kasus-kasus yang terjadi di MTs SA Bina Rahmah.
Metode pengumpulan data terdiri dari observasi, interview serta dokumentasi.
Informasi langsung dari sumbernya, data sekunder yang meliputi profil sekolah,
jumlah guru dan siswa, serta data sekunder diperoleh langsung dari MTs. Hasil
dari penelitian yang telah dilakukan terlihat mayoritas orang tua memberikan
fasilitas kepada anaknya sebagai sarana belajar al-Qur’an, motivasi dan dukungan
dalam bentuk pemberian hadiah dan memberikan hukuman sesuai dengan kelakuan
anaknya, agar anak bisa termotivasi untuk melafalkan ayat al-Qur’an, tapi tidak
semua wali murid memiliki pengetahuan untuk mengajar membaca ayat al-Qur’an
yang baik, dan hanya bagian kecil orang tua yang memberikan arahan secara
eksplisit yang dilakukan di rumah.
Kata kunci: peran orang tua, motivasi, membaca al-Qur’an, anak