Back


Detail Data

Fakultas FAKULTAS AGAMA ISLAM
Program Studi PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Judul PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI KAHOOT TERHADAP MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI MAN 1 KOTA BOGOR
Tahun 2025
Tanggal Input 30 Jul 2025, 10.45



Abstak

Minat belajar merupakan salah satu faktor kunci dalam pencapaian hasil
belajar yang optimal. Dalam konteks pembelajaran Al-Qur’an Hadis, masih
banyak siswa yang menunjukkan rendahnya minat belajar, terutama ketika
media evaluasi yang digunakan bersifat monoton dan kurang interaktif.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan aplikasi
Kahoot sebagai media evaluasi terhadap minat belajar siswa kelas XI MAN
1 Kota Bogor pada topik penciptaan manusia. Metode yang digunakan adalah
kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design.
Sampel terdiri dari dua kelas, masing-masing berjumlah 30 siswa sebagai
kelompok kontrol dan eksperimen. Data dikumpulkan melalui angket minat
belajar dan dianalisis menggunakan uji normalitas, homogenitas, N-Gain,
serta uji-t independen dengan bantuan perangkat lunak SPSS 23. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa: (1) minat belajar pada kelas kontrol
mengalami peningkatan sebesar 12,9?ngan N-Gain 19,80% (kategori
rendah); (2) kelas eksperimen yang menggunakan Kahoot mengalami
peningkatan sebesar 40,3?ngan N-Gain 64,78% (kategori tinggi); dan (3)
terdapat perbedaan signifikan antara kedua kelompok dengan nilai
signifikansi 0,000 < 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa
penggunaan aplikasi Kahoot secara signifikan berpengaruh positif dalam
meningkatkan minat belajar siswa dibandingkan dengan metode evaluasi
konvensional.
Kata kunci: Kahoot, media evaluasi, minat belajar, Al-Qur’an Hadis,
gamifikasi.