Abstak
Farah Kumala
191104010829
Industri tekstil dan pakaian jadi merupakan salah satu tulang punggung industri
manufaktur dan menjadi fokus era nasional yang terus menawarkan peluang untuk
dikembangkan. Dalam menghadapi persaingan maka pemasaran memiliki peran
yang penting dalam menunjang kemajuan bisnis serta meningkatkan volume
penjualan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga dan
saluran distribusi terhadap volume penjualan pada PT. Amann Indonesia dengan
menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah data sekunder yaitu data keuangan per bulan PT. Amann Indonesia pada
tahun 2020-2022. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji
asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, analisis korelasi berganda, koefisien
determinasi, uji hipotesis secara parsial t dan simultan f. Berdasarkan hasil
penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial harga berpengaruh signifikan
terhadap volume penjualan, namun secara parsial saluran distribusi tidak
berpengaruh terhadap volume penjualan. Secara simlutan atau bersama-sama harga
dan saluran distribusi berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan. Hal ini
menunjukkan bahwa perusahaan harus mempertimbangkan strategi penetapan
harga dan saluran distribusi dengan baik karena itu akan berdampak pada tingkat
volume penjualan.
Kata Kunci: Harga, Industri Tekstil, Saluran Distribusi, Volume Penjualan