Abstak
Skripsi ini ditulis oleh Lukmanul Fattah NPM 191105010484 dan Dosen
Pembimbing 1 Dr. Hasan Basri Tanjung, M.A. Dosen Pembimbing 2 Abristadevi,
S.E.I., M.E.I. dengan judul “Kinerja Kepala Sekolah Sebagai Supervisor dalam
Meningkatkan Mutu Tenaga Pendidik di Mi Sirojul Athfal 3 Kota Depok.
Fakultas Agama Islam, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Ibn
Khaldun Bogor, 2023.
Tenaga Pendidik sebagai sosok penting dalam keberhasilan pendidikan dengan
memilikinya latar belakang pendidikan dan potensi yang tinggi agar mampu
berkreasi dan berusaha meningkatkan kinerjanya di sekolah. adapun tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja Kepala Sekolah dalam
meningkatkan mutu tenaga pendidik di MI Sirojul Athfal 3. serta untuk untuk
mengetahui faktor pendukung dan penghambat kinerja Kepala Sekolah dalam
meningkatkan mutu pendidikan di MI Sirojul Athfal 3.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan
pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian
ini adalah dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kepala Sekolah telah melakukan
tanggung jawabnya sebagai pemimpin sekolah melalui kinerja yang dilakukan
utamanya dalam meningkatkan mutu tenaga pendidik di sekolah. Hal yang
dilakukan Kepala Sekolah yaitu dengan memberdayakan tenaga pendidik melalui
program-program yang dibuat. Selain itu, Kepala Sekolah juga memberikan
kewenangan kepada setiap tenaga pendidik untuk mengembangkan dirinya
dengan mengikuti pendidikan dan pelatihan, seminar, dan kewirausahaan. Kepala
Sekolah telah melaksanakan perannya sesuai dengan undang-undang yang
mengatur tugas dan fungsi Kepala Sekolah, 2) Faktor pendukungnya dalam
Meningkatkan Mutu Tenaga Pendidik di MI Sirojul Athfal 3 Kota Depok yaitu
Peran dari pihak yayasan baik dari pengawas maupun dari kepala bidang yang
memberi dukungan kepada Kepala Sekolah MI Sirojul Athfal 3 untuk
meningkatkan pembinaan mutu kompetensi tenaga pendidik (guru) agar
mendapatkan guru yang berkualitas atau berkompetensi, selain itu proses
pembelajaran menjadi lebih baik dan visi, misi dan tujuan dapat tercapai.
Sedangkan hambatan yang dialami dalam pelaksanaan supervisi yaitu kurangnya
waktu untuk mengadakan supervisi dan perencanaan yang belum siap. Selain itu
penghambat juga berasal dari guru itu sendiri. Tidak semua guru bisa menerima
pelaksanaan supervisi ini dengan baik. Karena karakter masing-masing guru tidak
sama
Kata Kunci : Kinerja, Supervisor, Mutu, Tenaga Pendidik.