Back


Detail Data

Fakultas FAKULTAS AGAMA ISLAM
Program Studi PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
Judul IMPLEMENTASI LITERASI FINANSIAL PADA PESERTA DIDIK KELAS 5 DI SEKOLAH ALAM AL GIVA KOTA BOGOR
Tahun 2025
Tanggal Input 28 Jul 2025, 14.48



Abstak

Nur Halimah NPM 211105050056. Implementasi Literasi Finansial pada Peserta
Didik Kelas 5 di Sekolah Alam Al Giva Kota Bogor Program Studi Pendidikan
Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Agama Islam. Universitas Ibn Khaldun
Bogor. Skripsi.
Kemajuan teknologi telah mempermudah akses layanan finansial, namun ironisnya,
hal ini juga berkontribusi pada meningkatnya kasus gagal bayar pinjaman online dan
keterlibatan generasi muda dalam judi online akibat kurangnya edukasi tentang literasi
finansial pada generasi muda. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
implementasi literasi finansial pada peserta didik kelas 5 di Sekolah Alam Al Giva dan
dampaknya terhadap pemahaman serta sikap keuangan mereka sebagai bentuk pencegahan
sikap impulsif dan edukasi tentang literasi finansial. Menggunakan pendekatan kualitatif
dengan metode studi kasus, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam,
dan
dokumentasi.
Hasil
penelitian
menunjukkan bahwa literasi finansial
diimplementasikan melalui kegiatan Fundraising, menabung, magang internal di kantin
sekolah, dan infak Jumat yang terintegrasi dengan pilar bisnis Sekolah Alam Al Giva.
Kegiatan-kegiatan ini memberikan pengalaman praktis kepada peserta didik dan
berdampak pada sikap memperoleh, menyimpan, membelanjakan, dan mendonasikan
uang. Hasil akhirnya terlihat pada meningkatnya pemahaman peserta didik tentang sumber
uang, kemampuan membedakan kebutuhan dan keinginan, tumbuhnya kebiasaan
menabung, serta antusiasme untuk berbagi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa
implementasi literasi finansial berbasis kegiatan nyata memberikan kontribusi positif
dalam menanamkan pemahaman dan perilaku keuangan yang bijak pada peserta didik usia
sekolah dasar.
Kata Kunci: Literasi Finansial; Sekolah Alam; Fundraising; Magang; Menabung;