Abstak
Mumtazatullaila (171104090119), Hubungan Antara Minat Belajar dengan
Hasil Belajar PAI Siswa Kelas XI Di SMK Binantara Cibinong Pada
Pembelajaran Jarak Jauh, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas
Agama Islam, Universitas Ibn Khaldun Bogor, Skripsi.
Sejak maraknya kasus COVID-19 yang masuk ke sebagian besar wilayah di Indonesia pada
tahun lalu, pemerintah melarang masyarakat untuk keluar dari rumah dikarenakan virus
tersebut sangat mudah menular kepada banyak orang. Sebab itulah saat ini setiap tingkatan pendidikan melakukan pembelajaran dari jarak jauh untuk mengurangi aktivitas berkumpul agar dapat mencegah murid dan guru terinfeksi virus tersebut. Dalam keadaan seperti ini, guru harus bisa menggunakan berbagai media pembelajaran yang bisa membuat siswa mampu memahami materi yang telah diajarkan dengan baik sehingga dapat menarik minat belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara minat belajar dengan hasil belajar PAI siswa kelas XI di SMK Binantara Cibinong pada pembelajaran jarak jauh. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah ex-post facto. Hasil penelitian ini adalah setelah dilakukan perhitungan dari korelasi dengan menggunakan SPSS versi 23 yang digunakan untuk mengetahui nilai signifikasi hubungan minat belajar dengan hasil belajar PAI siswa kelas XI di SMK Binantara Cibinong pada pembelajaran jarak jauh, dapat diketahui bahwa nilai signifikasi sebesar 0,862 > 0,05 maka dapat dikatakan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar PAI siswa kelas XI di SMK Binantara Cibinong.
Kata Kunci : Minat Belajar, Hasil Belajar PAI Siswa