Back


Detail Data

Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
Program Studi PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH
Judul PENINGKATAN KONSENTRASI BELAJAR MELALUI PENGGUNAAN BENDA KONKRET (PENDIDIKAN ANAK USIA 4 – 5 TAHUN DI RAUDHATUL ATHFAL AL ISTIQOMAH KECAMATAN CIBINONG)
Tahun 2017
Tanggal Input 03 Jul 2025, 11.22



Abstak

ABSTRAK
Rozanatul latifah, npm : 131101021250, judul skripsi : “Peningkatan Konsentrasi
Belajar Melalui Pengguaan Benda Konkret (Pendidikan anak usia 4 – 5 Tahun di
Raudhatul Athfal Al – Istiqomah Kecamatan Cibinong)”. Tujuan penelitian ini
adalah untuk memperoleh data dan informasi Tentang Peningkatan Konsentrasi
Belajar Melalui Pengguaan Benda Konkret (Pendidikan anak usia 4 – 5 Tahun di
Raudhatul Athfal Al – Istiqomah Kecamatan Cibinong). Metode yang digunakan
pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang di dukung dengan tehnik
pengumpulan data berupa observasi .
Populasi data penelitian ini adalah anak – anak usia 4 – 5 tahun kelas A di RA Al –
Istiqomah Cibinong Bogor yang berjumlah 16 anak. Hasil dari penelitian ini adalah
konsentrasi belajar anak dapat dilihat dari presentase yang meningkat setelah di
lakukan pra siklus, siklus I dan siklus II.
Konsentrasi belajar anak mengalami peningkatan setiap siklusnya. Pada pra siklus:
Aspek pemusatan pikiran mencapai (0%), kesiapan belajar (0%), Keterampilan
pemecahan masalah (0%), komunikasi non verbal (0%), sikap proporsional (0%).
Pada penelitian siklus I : Aspek pemusatan pikiran mencapai (69%), kesiapan
belajar (75%), Keterampilan pemecahan masalah (89%), komunikasi non verbal
(87%), sikap proporsional (94%). Pada penelitian siklus II : Aspek pemusatan
pikiran mencapai (100%), kesiapan belajar (100%), Keterampilan pemecahan
masalah (100%), komunikasi non verbal (100%), sikap proporsional (100%).
Kata kunci : konsentrasi belajar , Media benda konkret


Preview