Back


Detail Data

Fakultas FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS
Program Studi TEKNIK SIPIL
Judul ANALISIS DAMPAK LALU LINTAS PEMBANGUNAN SEKOLAH MARDI WALUYA KOTA BOGOR (Studi Kasus: Ruas Jalan di Sekitar Sekolah Mardi Waluya Jl. Pahlawan, Jl. Dreded, Jl. Aut, Jl. Raden Saleh Bustaman, Jl. P
Tahun 2019
Tanggal Input 01 Jul 2025, 11.09



Abstak

ABSTRAK
ANALISIS DAMPAK LALU LINTAS PEMBANGUNAN SEKOLAH
MARDI WALUYA KOTA BOGOR (Studi Kasus: Ruas Jalan Disekitar
Sekolah Mardi Waluya Jl. Pahlawan, Jl. Dreded, Jl. Aut, Jl. Raden Saleh
Bustaman, Jl. Pulo Empang). Pembangunan sebuah kawasan tertentu akan
menimbulkan dampak terhadap kinerja lalu lintas disekitarnya, hal ini disebabkan
karena adanya pergerakan baru yang ditimbulkan, salah satunya adalah
pembangunan gedung Sekolah Mardi Waluya yang bertempat di Kota Bogor
Selatan, mengacu pada peraturan menteri perhubungan no. 75 tahun 2015, maka
kegiatan tersebut wajib dilakukan analisis dampak lalu lintas, analisis ini
dilakukan untuk mengetahui seberapa besar dampak yang ditimbulkan akibat
adanya bangkitan dan tarikan oleh pusat kegiatan baru, dengan standar
perhitungan berdasarkan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI 2017). Dari
hasil analisis disekitar kawasan studi didapatkan kondisi eksisting ruas jalan
memiliki nilai tingkat pelayanan rata-rata VCR 0,58 dengan LOS C,
mengantisipasi terjadinya kenaikan volume pada tahun mendatang, dilakukan
sekenario dengan melakukan perubahan kapasitas jalan sehingga didapatkan nilai
tingkat pelayanan jalan menjadi 0,49 pada tahun 2020 dan 0,54 pada tahun 2025.
Pada Simpang Aut dan Simpang Dreded masih memenuhi syarat dengan nilai
drajat jenuh lebih kecil dari 0,8, untuk simpang bersinyal Empang memiliki
tundaan simpang rata-rata 21,59 det/smp.
Kata kunci: Analisis dampak lalu lintas, bangkitan dan tarikan, MKJI 2017.


Preview