Back


Detail Data

Fakultas FAKULTAS AGAMA ISLAM
Program Studi PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
Judul EFEKTITAS PENERAPAN METODE THE POWER OF TWO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS II SEKOLAH SULAM DARUL AMAN THEPHA, THAILAND
Tahun 2018
Tanggal Input 30 May 2025, 11.00



Abstak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan metode yang kurang tepat pada
pembelajaran bahasa arab kelas II di Sekolah Sulam Darul Aman. Hal ini terbukti
pada proses pembelajaran Bahasa Arab guru tidak menggunakan metode yang
menarik dalam pembelajaran sehingga menimbulkan kebosanan pada peserta didik.
Untuk mengatasi permasalahan tersebut digunakan metode The Power Of Two.
penelitian ini bertujuan untuk efektivitas penerapan metode The Power Of Two pada
pembelajaran Bahasa Arab dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas II Sekolah
Sulam Darul Aman. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas
(PTK) yang dilakukan sebanyak 2 siklus. 1 siklus terdiri dari 2 kali pertemuan, model
yang digunakan pada PTK adalah model carr kemmi yang terdiri dari 4 tahap yaitu:
perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek dari penelitian
ini adalah seluruh siswa kelas II Sekolah Sulam Darul Aman dengan jumlah 20 siswa
yang terdiri dari 10 murid laki-laki dan 10 murid perempuan. Teknik pengumpulan
data yang digunakan adalah observasi, catatan lapangan, wawancara dan tes.
Hasil penelitian dapat dijelaskan sebagai berikut: hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa adanya peningkatan hasil belajar Bahasa Arab. hal ini dibuktikan dengan
meningkatnya pemerolehan nilai rata-rata siswa pada pra siklus yang menggunakan
metode konvesional yaitu 60,75 sedangkan pada siklus1 mencapai 69,00 dan siklus 2
meningkat menjadi 80,05. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa metode The
Power Of Two mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa
Arab.