Back


Detail Data

Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
Program Studi PENDIDIKAN MASYARAKAT
Judul PENGARUH POLA ASUH KELUARGA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK REMAJA DIMASA PANDEMI COVID-19 DI RW 03 DESA CIAMPEA UDIK KECAMATAN CIAMPEA KABUPATEN BOGOR
Tahun 2020
Tanggal Input 25 Jun 2025, 09.56



Abstak

ABSTRAK
TAMA SITI HABIBAH, NPM. 16110102133. “pengaruh pola asuh keluarga
terhadap motivasi belajar anak remaja dimasa pandemi covid-19 di rw 03 desa
ciampea udik kecamatan ciampea kabupaten bogor
”. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh anak remaja yang kurang
bersemangat dalam belajar di masa pandemic covid-19 dan pola asuh keluarga atau
orang tua yang kurang memperhatikan pendidikan anak dimasa pandemic covid
19?. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pola asuh yang
diterapkan oleh keluarga terhadap anak yang kaitannya dengan pendidikan di RW
03 Desa Ciampea Udik Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor ?Teori yang
digunakan dalam penelitian ini adalah hakikat motivasi, dan hakikat pendidikan
keluarga. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif karena metode ini
mengumpulkan data-data berupa angka agar mendapatkan hasil secara logis dan
apa adanya sesuai kenyataan yang sebenarnya dilapangan guna mencapai tujuan
yang diinginkan. Subjek penelitian ini ialah Anak remaja di Rw 03 Desa Ciampea
Udik Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor berjumlah 150 orang dengan random
sampling (sampel acak) 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
observasi, angket, dan studi literatur. setelah data didapatkan, tahap selanjutnya
adalah analisis data. Teknik analisis data yang digunakan ialah membuat daftar skor
variabel X dan Variabel Y, membuat tabel distribusi, menghitung nilai rata-rata dan
simpangan baku, uji korelasi product moment pearson, uji keberartian koefisien
korelasi, uji koefisien determasi, dan uji persamaan garis regresi linear, dan
penarikan data atau kesimpulan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini
adalah berupa angket yang disebar kepada anak remaja dan angket observasi yang
ditujukan Anak remaja. Dari hasil penelitian yang menggunakan rumus product
moment pearson, uji “t” didapatkan Nilai rhitung sebesar 6,82 yang telah dikonfirmasi
dengan rtabel pada pada taraf nyata 0,79 dengan tingkat kepercayaan 95% = 0,362,
maka rhitung 0,79 > rtabel 0,362. Hal ini menunjukan bahwa kualitas komunikasi
orangtua dengan motivasi warga belajar berada pada pada interval 0,60-0,799
dengan interpretasi kuat. Nilai thitung sebesar 6,82 ttabel sebesar 2,048, sehingga thitung
> ttabel (6,82 > 2,048). Hal ini berarti nilai thitung berada pada wilayah penolakan
hipotesis Uji (Ho). Dengan demikian penelitian ini menolak Hipotesis nol (Ho)
yang berbunyi: “tidak terdapat pengaruh pola asuh keluarga terhadap pendidikan
anak remaja di masa pandemic covid-19 di Rw 03 Desa Ciampea Udik Kecamtan
Ciampea Kabupaten Bogor. dan menerima Hipotesis Alternatif (H1) yang
berbunyi: “terdapat pengaruh pola asuh keluarga terhadap Motivasi belajar anak
remaja di masa pandemic covid-19 di Rw 03 Desa Ciampea Udik Kecamtan
Ciampea Kabupaten Bogor”.
Kata kunci : Pola Asuh Keluarga, Motivasi Belajar Anak.


Preview