Abstak
Dini Amalia Lestari, 191105010370,
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar siswa melalui media pembelajaran
audio visual dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan untuk mengetahui
hambatan pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam menggunakan media pembelajaran
audio visual. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah
guru Pendidikan Agama Islam, kepala sekolah, dan siswa kelas VI. Teknik dalam
pengumpulan data yang digunakan penelitian ini yaitu; observasi, wawancara dan
dokumentasi. Jenis wawancara yang digunakan adalah wawanacara tidak terstruktur dan
jenis observasi yang digunakan adalah observasi tidak terstruktur. Dari hasil penelitian
yang telah peneliti lakukan di kelas VI SDN Cibeureum 4 Kota Bogor menunjukan bahwa
Penggunaan media pembelajaran audio visual dapat berperan dalam meningkatkan minat
belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas VI SDN Cibeureum
4 Kota Bogor. Hal ini ditunjukkan melalui peningkatan partisipasi dan keterlibatan
siswa selama pembelajaran. Siswa menjadi lebih antusias dalam mengikuti kegiatan,
bertanya, dan berdiskusi setelah menyaksikan materi visual. Efektivitas ini juga
didukung oleh umpan balik positif dari siswa. Siswa merasa lebih semangat dan
tertarik untuk belajar karena materi disajikan dengan cara yang menarik dan tidak
membosankan. Hambatan pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam menggunakan
media pembelajaran audio visual Agama Islam di kelas VI SDN Cibeureum 4 Kota Bogor
yaitu Keterbatasan sarana utama seperti sedikitnya infokus, slide, komputer, laptop,
pengeras suara, dan kabel-kabel. Keterbatasan sarana penunjang seperti listrik dan ruang
kelas khusus. Dan Keterbatasan keahlian guru dalam menggunakan media pembelajaran..
Kata kunci: Minat belajar siswa, Media pembelajaran audio visual, Hambatan