Abstak
PROGRAM STUDI KESEHATAN MASYARAKAT
FAKULTAS ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS IBN KHALDUN BOGOR
SKRIPSI, APRIL 2017
ABSTRAK
GAMBARAN MANAJEMEN PELAYANAN ADMINISTRASI PASIEN
RAWAT DI RUMAH SAKIT ISLAM BOGOR TAHUN 2017
RESTI DWIANA
xix + 99 Halaman + 8 Tabel + 2 Gambar + 9 Lampiran
Pelaksanaan pelayanan bagi pasien rawat tidak dapat terlepas dari alur proses
pelayanan pasien rawat inap yaitu melalui bagian penerimaan pasien, ruang
perawatan serta bagian administrasi dan keuangan. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui gambaran manajemen pelayanan administrasi pasien rawat inap
dilihat dari faktor input dan proses.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis
rancangan deskriptif. Informan terdiri dari 9 orang. Instrument penelitian yang
digunakan yaitu pedoman wawancara mendalam, daftar checklist observasi dan
daftar checklist telaah dokumen.
Hasil penelitian yang didapat dari faktor input adalah jumlah SDM yang
tersedia masih kurang, sarana dan prasarana cukup tersedia namun masih belum
merata dan ada yang secara manual serta SOP telah dilaksanakan dengan baik dan
sesuai. Sedangkan dari faktor proses adalah penerimaan dan pelayanan pasien
diruang rawat inap tidak ada perbedaan bagi pasien dengan jenis pembayaran tunai,
BPJS maupun asuransi. Proses penagihan biaya perawatan sudah dilakukan dengan
cukup baik.
Kesimpulan akhir dari penelitian ini adalah pelaksanaan pelayanan
administrasi pasien rawat inap sudah cukup baik, namun masih belum diimbangi
dengan ketersediaan SDM dan sarana yang cukup. Saran yang diberikan peneliti
adalah perlu adanya perhitungan beban kerja dan pendistribusian sarana dan
prasarana secara merata.
Kata Kunci
: Administrasi pasien, pelayanan rawat inap
Bahan Bacaan : 11 buku, 1 karya tulis ilmiah, 5 skripsi, 1 tesis, 11 jurnal, 1 artikel
(2002-2017)
viii
Universitas Ibn Khaldun
PUBLIC HEALTH STUDY PROGRAM
FACULTY OF HEALTH SCIENCE UNIVERSITY IBN KHALDUN BOGOR
SKRIPSI, APRIL 2017
ABSTRACT
DESCRIPTION OF INPATIENT ADMINISTRATIVE SERVICES
MANAGEMENT AT ISLAMIC OF HOSPITAL BOGOR IN 2017
RESTI DWIANA
xix + 99 Pages + 8 Tables + 2 Picture + 9 Attachments
Implementation service's for inpatient's couldn't regardless from the inpatient
care service process flow that is trough patient's receptionist, ward, along
administration and finance. The purpose of this research is to discover
administration service management overview of inpatient's seen from input and
process factors.
This research is using qualitative research methods with descriptive layout
type. Informants consists of 9 people. Research instrument used are depth interview
guidelines, observation checklist, and a list of document review.
The research results obtained from the input factor are the number of human
resources are still not deficient, sufficient facilities and infrastructure available but
still unprevallent, and there is manually and in standard operating procedure
properly implemented. While the process factor is reception and inpatient's service
there is no difference for cash payment patient's, BPJS, and insurance. The billing
process of patient care costs has done passably.
The final conclusion of this study is the implementation of administrative
services inpatients are good enough, but it still has not been matched by the
availability of sufficient human resources and facilities. Advice given researchers
is the need for calculating and distributing workload evenly infrastructure.
Keyword
References
: Patient administration, inpatient services
: 11 books, 1 scientific papers, 5 skripsi, 1 thesis, 11 journalsl, 1
article (2002-2017)