Back


Detail Data

Fakultas FAKULTAS AGAMA ISLAM
Program Studi PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Judul PENERAPAN PEMBELAJARAN KITAB TUHFATUL ATHFAL DALAM MENINGKATKAN KEFASIHAN MEMBACA AL-QUR’AN SANTRI PONDOK PESANTREN AL-QUR’AN AL-FURQON BOGOR
Tahun 2023
Tanggal Input 24 Jun 2025, 13.54



Abstak

Muhammad Ilham Maulana Mulki 191105010349. “Penerapan Pembelajaran Kitab
Tuhfatul Athfal Dalam Meningkatkan Kefasihan Membaca Al-Qur’an Santri
Pondok Pesantren Al-Qur’an Al-Furqon Bogor”. Pendidikan Agama Islam. Fakultas
Agama Islam. Universitas Ibn Khaldun Bogor. 2023. Skripsi
Latar belakang masalah pada penelitian ini yaitu masih ada santri putra putri yang
belum lancar dalam membaca Al-Qur’an seperti belum mampu membedakan panjang
pendek bacaan Al-Qur’an, belum mengetahui hukum hukum bacaan Al-Qur’an. Tujuan
penelitian ini adalah Untuk mengetahui apakah penerapan pembelajaran Kitab Tuhfatul
Athfal dapat meningkatkan kefasihan membaca Al-Qur’an santri Untuk mengetahui
bagaimana penerapan pembelajaran Kitab Tuhfatul Athfal di Pondok Pesantren Al-Qur’an
Al-Furqon Bogor. Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam
meningkatkan kefasihan membaca Al-Qur’an santri Pondok Pesantren Al-Qur’an Al
Furqon Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif
dengan pendekatan deskriptif, Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan
Teknik observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa.
tujuan mempelajari kitab tuhfatul athfal di Pondok Pesantren Al-Qur'an Al-Furqon yaitu
untuk menjaga lidah agar terhindar dari kesalahan ketika membaca Al-Qur'an serta
menghindari perubahan makna saat membaca Al-Qur'an. Upaya meningkatkan kefasihan
membaca Al-Qur’an dilakukan Pondok Pesantren Al-Qur’an Al-Furqon dimulai pada tahap
masuk pesantren yaitu dengan adanya pengetesan bacaan Al-Qur’an yang bertujuan untuk
dapat mengklasifikasi peserta didik baru pada kelas Qur’an-nya. Faktor pendukung yaitu
pengajar yang berkompeten pada bidangnya, santri yang patuh, sarana dan prasarana
sebagai penunjang pembelajaran, dan orang tua yang mendukung anaknya. Faktor
penghambat yaitu waktu belajar yang terlalu sempit, santri yang tidak patuh, serta minat
dan kemauan pada santri atau peserta didik.
Kata Kunci: kitab tuhfatul athfal, kefasihan, pondok pesantren.