Back


Detail Data

Fakultas FAKULTAS AGAMA ISLAM
Program Studi PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Judul Pengaruh Pembelajaran Kooperatif ModelThink Pair Share terhadap Hasil Belajar Fiqih Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah NurulFurqonCibinong
Tahun 2016
Tanggal Input 03 Jul 2025, 09.36



Abstak

ABSTRAK
Analia ,NPM: 12214210408
Pengaruh pembelajaran kooperatif model think pair share terhadap hasil belajar
fiqih siswa kelas XI Madrasah Aliyah Nurul Furqon Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh atau perbedaan model think pair share terhadap hasil belajar
siswa pada mata pelajaran fiqih kelas XI di Madrasah Aliyah Nurul Furqon dan
mengethaui kendala apa saja yang sering terjadi pada penerapan model think pair
share dalam pembelajaran fiqih siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Nurul Furqon.
Penelitian ini menggunakan penelitian jenis eksperimen atau sering disebut
juga eksperimen semu dengan menggunakan rancangan pretest dan posttest kontrol
group design. Pada penelitian ini terdiri dari dua variable yaitu variabel model think
pair share dan variable terkait ialah hasil belajar. Populasi siswa yang di ambil ialah
berjumlah 60 orang siswa yang berasal dari kelas XI A sebagai kelas eksperimen
dengan jumlah siswa 30 orang dan kelas XI B yang merupakan kelas control dengan
jumlah siswa 30 orang. Tehnik pengambilan data yang dilakukan ialah
menggunakan pretest dan posttest untuk mengukur hasil belajar dengan bentuk tes
soal piliha nganda yang berjumlah 21 soal. Pengujian validitas, reliabilitas,
normalitas, homogenitas dan uji hipotesis ini menggunakan bantuan SPSS versi18.
Hasil penelitian ini dibuktikan dengan nilai yang diperoleh kelas
eksperimen yaitu rata-rata nilai pretest kelas eksperimen adalah 76 dan mengalami
peningkatan yang signifikan pada hasil nilai rata-rata posttest yang diperoleh adalah
80. Sedangkan nilai rata-rata yang diperoleh kelas control pada saat pretest adalah
48 dan setelah diberikan posttest nilai rata-rata yang diperoleh adalah 67


Preview