Back


Detail Data

Fakultas FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
Program Studi AKUNTANSI
Judul PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN LEVERAGE TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA
Tahun 2022
Tanggal Input 10 Jul 2025, 13.54



Abstak

Riska Desitasari
181104020473
Tujuan penelitian menguji pengaruh Corporate Social Responsibility
terhadap manajemen laba pada perusahaan perbankan konvensional. Metode
penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan jumlah populasi 50
perusahaan. Pengambilan sample menggunakan teknik purposive sampling
dengan jumlah sample 32 perusahaan.
Hasil pengujian dari penelitian ini menunjukan bahwa Corporate Social
Responsibility tidak berpengaruh secara signifikan terhadap manajemen laba. Hal
itu bisa ditunjukkan dengan nilai hasil uji t sebesar thitung < ttabel sebesar 0,531 <
1,98350 dengan tingkat signifikansi 0,596 lebih besar dari nilai 0,05 serta
diperkuat dengan hasil uji F sebesar Fhitung < Ftable dimana 0,312 < 3,09 dengan
tingkat signifikansi sebesar 0,732 > 0,05. Selain itu, leverage sebagai variabel
control dalam penelitian ini menunjukkan bahwa leverage tidak berpengaruh
secara signifikan terhadap manajemen laba.
Kata Kunci: Corporate Social Responsibility, leverage, manajemen laba.


Preview