Back


Detail Data

Fakultas FAKULTAS AGAMA ISLAM
Program Studi PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Judul HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN (JUZ ‘AMMA) DENGAN KEMAMPUAN BACA DAN TULIS AL-QUR’AN SISWA KELAS 9 MTS BAETURRAHMAN
Tahun 2024
Tanggal Input 06 Aug 2025, 11.25



Abstak

Subhan Maulana Habsy 201105010654, “Hubungan Antara Kemampuan
Menghafal Al-Qur’an (Juz ‘Amma) Dengan Kemampuan Baca Dan Tulis Al
Qur’an Siswa Kelas 9 Mts Baeturrahman”. Pendidikan Agama Islam. Fakultas
Agama Islam. Universitas Ibn Khaldun Bogor. 2024. Skripsi.

Fenomena yang penulis temukan ialah tidak sedikit para penghafal Al-Qur'an yang
memiliki kemampuan membaca dan menulis Al-Qur'an yang masih kurang seperti
pelafalan mukharijul hurufnya kurang tepat, tajwidnya, bahkan ada yang masih
belum lancar dalam membaca Al-Qur'an, kesalahan dalam penulisan kharakat dan
hurufnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menghafal,
menulis dan membaca Al-Qur’an dan mengetahui adanya hubungan antara
kemampuan menghafal Al-Qur’an dengan kemampuan membaca dan menulis Al
Qur’an pada siswa kelas 9 di MTs Baeturrahman. Pendekatan penelitian ini adalah
pendekatan kuantitatif, jenis penelitian ini adalah korelasional. Metode yang
digunakan untuk mendapatkan data menggunakan wawancara, observasi,
dokumentasi, serta tes. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa kemampuan
menghafal Al-Qur’an siswa masuk dalam kategori sedang yaitu 13-25 surat
sebanyak 16 siswa sebanyak 53,3%. Dan kemampuan membaca Al-Qur’an berada
dalam kategori sedang yaitu skor 57-79 sebanyak 14 siswa atau 46,7%.
Kemampuan menulis Al-Qur’an siswa berada dalam kategori sedang yaitu skor 45
62 sebanyak 15 siswa atau 50,0%. Hubungan antara kemampuan menghafal Al
Qur’an dengan kemampuan membaca Al-Qur’an menunjukkan kekuatan sedang
atau cukup dengan nilai korelasi pearson sebesar 0,542 dan nilai Sig. 0,002 < 0,05.
Dan hubungan antara kemampuan menghafal Al-Qur’an dengan kemampuan
menulis Al-Qur’an menunjukkan kekuatan sedang atau cukup dengan nilai korelasi
pearson sebesar 0,413 dan nilai Sig. 0,023 < 0,05.
Kata kunci: Kemampuan menghafal Al-Qur'an, kemampuan membaca Al-Qur'an,
dan kemampuan menulis Al-Qur'an.