Abstak
Qotrunnada Muthmainnah
161104091003
Keberhasilan kinerja kompetensi guru PAI dalam mencegah tawuran pelajar di SMK
Taruna Terpadu 2 Borces sangat ditentukan oleh kualitas kinerja guru yang dapat
diukur melalui kepentingan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui
implementasi IPA terhadap kompetensi guru PAI, 2) mengidentifikasi skala prioritas
untuk mencegah tawuran, 3) mengetahui perbaikan apa saja yang harus dilakukan
sekolah dalam meningkatkan pembelajaran siswa untuk mencegah tawuran. Data
penelitian diperoleh dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data.
Dimensi yang digunakan menyusun instrumen merupakan dimensi-dimensi yang
menentukan kualitas kinerja kompetensi guru yang terdiri dari 4 kompetensi yaitu: 1.
Kompetensi Sosial 2. Kompetensi Pedagogik 3. Kompetensi Personal 4. Kompetensi
Profesional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Implementasi
Performance Analysis. Jumlah responden yang digunakan sebagai sampel berjumlah
100 responden yang diambil siswa kelas XI AK 1&2, XI APK 1&2 tahun pelajaran
2019/2020. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa tingkat kualitas kinerja guru PAI
yang diberikan di sekolah berdasarkan penelitian siswa secara umum adalah sesuai
dengan persentase 86,14%. Hasil Impotance Performance Analysis menunjukkan
terdapat rata-rata dari semua atribut tingkat kinerja kompetensi guru PAI yaitu 3,24
sedangkan tingkat kepentingan siswa yaitu 3,76.
Kata kunci: Importance Performance Analysis, Kompetensi Guru PAI, Tawuran Pelajar