Back


Detail Data

Fakultas FAKULTAS AGAMA ISLAM
Program Studi PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Judul PENGARUH METODE ONE DAY ONE AYAT (ODOA) TERHADAP KEMAMPUAN MENGHAFAL AL QUR’AN PADA SISWA KELAS VI DI SD TERPADU BINA ILMU PARUNG - BOGOR
Tahun 2022
Tanggal Input 04 Jul 2025, 10.24



Abstak

Faiz Madani Damanhuri. 181105010322. “Pengaruh Metode One Day
One Ayat (ODOA) Terhadap Kemampuan Menghafal Al qur’an Pada Siswa Kelas
VI di SD Terpadu Bina Ilmu Parung – Bogor.” Pendidikan Agama Islam. Fakultas
Agama Islam. Universitas Ibn Khaldun Bogor. 2022. Skripsi.
Berdasarkan observasi penulis pada guru kelas VI SD Terpadu Bina
Ilmu Parung – Bogor, 70% siswa masih mengalami kemampuan menghafal Al
Qur’an yang rendah. Sehubungan dengan adanya data tersebut, maka perlu
adanya perbaikan-perbaikan pada pembelajaran hafalan. Tujuan dari penelitian
adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan dalam
peningkatan kemampuan menghafal Al Qur’an sesudah diterapkan metode ODOA
(One Day One Ayat). Metode yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah
metode Uji Quasi Experimen. Bentuk dari desain penelitian ini adalah
Nonequivalent Control Group Design yakni penelitian untuk mencari pengaruh
dari metode One Day One ayat (ODOA) terhadap kemampuan menghafal siswa
kelas VI di SD Terpadu Bina Ilmu Parung-Bogor. Dalam penelitian ini pemberian
tes dilakukan dua kali yakni: pertama, siswa diberikan tes awal (pre-test) untuk
mengetahui banyaknya hafalan siswa baik pada kelompok kontrol maupun
kelompok eksperimen. Kedua, siswa diberikan tes akhir (post-test) dengan
menggunakan metode tradisional pada kelompok kontrol dan menggunakan
metode ODOA pada kelompok eksperimen. Hasil test tersebut dapat disimpulkan
bahwa terjadi peningkatan kemampuan menghafal Al Qur’an Siswa kelas VI SD
Terpadu Bina Ilmu yang diajar dengan metode tradisional dilihat dari rata-rata
jumlah hafalan naik sebesar 4,54 ayat, serta terjadi peningkatan kemampuan
menghafal Al Qur’an siswa kelas VI SD Terpadu Bina Ilmu yang diajar dengan
metode One Day One Ayat dilihat dari rata-rata jumlah hafalan naik sebesar 7,8
ayat. Sedangkan dalam Uji T, terdapat perbedaan dalam kemampuan menghafal
Al Qur’an siswa kelas VI SD Terpadu Bina Ilmu sesudah diterapkan metode One
Day One Ayat (ODOA) dilihat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 maka dapat
disimpulkan bahwa metode ODOA dapat meningkatkan hafalan siswa Kelas VI
SD Terpadu Bina Ilmu Parung Bogor.
Kata Kunci : Metode One Day One Ayat (ODOA), kemampuan menghafal


Preview